Aris Nasution : Revolusi Industri 4.0 harus diimbangi Pendidikan yang maju.

0
27

Oknews.co.id, Malang – Pendidikan sebagai roh perubahan suatu bangsa. Peradaban dan kemajuan bangsa dapat diukur dengan kemajuan pendidikan bangsa saat ini. Generasi yang memimpin saat ini adalah cerminan dari pendidikan masa lalu. Saat ini dalam posisi masa milenial. Generasi muda saat ini diberi label generasi milenial.

Suatu tantangan tersendiri bagi insan pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang ( UMM ) menjadi bagian dari lembaga pendidikan tinggi yang menangkap kondisi tersebut. Kampus Swasta terhebat di jawa timur edisi 2018 tentu juga berkewajiban menyiapkan sumber daya manusia hebat di masa mendatang.

Sebagai upaya turut menjawab tantangan pendidikan di era milenial ini, program pasca sarjana program studi Magister kebijakan dan Pengembangan Pendidikan (MKPP) mengadakan kegiatan yang sangat strategis. Kegiatan ini diwujudkan dengan Seminar Nasional Pendidikan, dengan tema “Menggagas Pendidikan Era Milenial Membangun Daya Saing Bangsa” diikuti oleh para mahasiswa program Pascasarjana jurusan MKPP UM Malang dan Manajemen Pendidikan UM Metro pada Jumat (7/12) di GKB IV UM Malang.

Guru besar di kampus UMM, menyampaikan bahwa pendidikan masa kini memberikan peluang yang besar kepada siapa saja untuk menjadi sukses. Memaparkan bahwa era 4.0 ini terjadi fenomena tumbuhnya generasi kreatif. Dengan berbagai kemudahan akses informasi disetiap saat maka menjadi modal untuk kita berbuat produktif. Dengan kreatifitas inilah maka kita akan dapat bertahan hidup sukses. Wujud kreatifitas adalah karya atau pruduktivitas dalam hidup ini. Kecepatan informasi sangat berdampak pada percepatan perubahan peradaban di masyarakat. Sehingga kadang dunia pendidikan relativ tertinggal dengan perubahan yang terjadi di masyarakat, Kata Ishomudin.

Dosen di Universitas Muhammadiyah Lampung, sebagai pemateri di agenda seminar ini, menyampaikan bahwa materi sebenarnya tidak menjadi yang utama. Namun metode mengajar adalah yang lebih penting. Karena segala informasi sudah sangat tersedia melalui internet ( on line). Ia juga menyampaikan bahwa pentingnya mencetak generasi yang kreatif dan produktif. Sehingga beliau memotivasi kepada para mahasiswa untuk bersiap diri dengan dua hal tersebut” tegas Ihsan Dacholfany.

Kepala Sekolah SD Aisyiyah 1 Nganjuk sekaligus peserta mengatakan, “Acara ini sangat strategis dari materi dan juga peserta, secara materi saat ini gencarnya sebuah mode atau peradaban yaitu revolusi industri 4.0 dan disaat ini erat sekali dengan pengembangan pendidikan dan harus diimbangi dengan pendidikan yang maju. Hal itu yang menjadi harapan program magister kebijakan dan pengembangan pendidikan UM Malang dan Manajemen Pendidikan UM Metro Lampung, Ujar Aris Nasution. (Dicky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.