200 Pelajar Jawa Timur Ikuti Creatormuda Academy

0
177
Peserta dan pembicara berfoto bersama usai pelatihan

Oknews.co.id, Malang – Budaya membaca pelajar Indonesia menurun seiring dengan semakin aktifnya mereka menggunakan gawai. Kini para pelajar lebih tertarik membaca dan mencari informasi dari internet alih-alih mendapatkannya dari buku.

Sayangnya, mendulang informasi dari internet tanpa dibarengi dengan sikap kritis dapat menyebabkan anak muda rentan turut menjadi penyebar informasi palsu (hoax).

Dalam rangka menggiatkan pentingnya literasi media pada anak muda, khususnya pada pelajar SMA/sederajat, MAARIF Institute menggelar sebuah kegiatan dengan tajuk “Creatormuda Academy”, sebuah platform pembelajaran offline untuk pelajar Indonesia tentang Keindonesiaan, Keragaman dan Literasi Media. Kegiatan yang diadakan di 10 kota di Indonesia ini akan mempertemukan 200 pelajar SMA/sederajat yang terbagi ke dalam 40 tim di setiap kotanya untuk mengikuti sesi Mading Talks.

Pada sesi berikutnya, 1 tim madding terbaik berkesempatan untuk mengikuti pelatihan menulis, desain grafis, fotografi, videografi, serta produksi konten positif Bersama para pelatih yang berpengalaman di bidangnya.

Setelah sukses digelar di Jakarta dan Yogyakarta, Creatormuda Academy kini hadir di Kota Malang. 200 pendaftar di Jawa Timur dinyatakan lolos seleksi untuk mengikuti Mading Talks di hari pertama, dan 10 tim madding sekolah dengan karya terbaik dinyatakan lolos untuk mengikuti sesi berikutnya hingga hari kedua.

Direktur Eksekutif MAARIF Institute mengatakan “Lebih dari 50 tim dari berbagai sekolah di Jawa Timur telah mengirimkan berkas pendaftaran dan portofolio karya mereka. Namun kami mesti memilih yang terbaik dari yang terbaik, yakni tim-tim yang mampu menawarkan ide segar dan kreatif untuk diarahkan memproduksi konten positif sebanyak-banyaknya dalam platform online yang kami sediakan, yakni madingsekolah.id.” ujar Abdul Rohim Ghazali

“Platform ini menjadi wadah ekspresi dan kreativitas para pelajar SMA untuk berkarya dan mengkreasi konten positif secara berkesinambungan,”. pungkasnya

Creatormuda Academy Malang digelar pada 11-12 April 2019, bertempat di Convention Hall Sengkaling, Kapal Garden Hotel Malang.

(Rina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.