3 Unsur dalam Tauhid

0
79

Tauhid adalah konsep meyakini bahwa Allah SWT itu Esa. Satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Konsekuensinya ialah, manusia tidak bisa menduakan Allah dengan sesuatu apapun.

Dalam tauhid, ada tiga unsur penting yang harus ada yaitu :

  1. خوف atau rasa takut kepada Allah. Setiap insan yang mengaku bertauhid harus memiliki rasa takut kepada Allah. Dengan rasa takut inilah, akan membentengi diri kita untuk melakukan segala sesuatu yang tidak Allah sukai.
  2. محبه (mahabbah) ialah rasa cinta. Cinta yang diberikan kepada Allah adalah cinta yang sebenar – benarnya. Melebihi dari cinta kepada makhluk-Nya.
  3. Meletakkan harapan kepada Allah. Harapan yang diserahkan sepenuhnya kepada Allah akan membuat kita tenang. Sebab Allah tidak pernah mengecawakan setiap hamba-Nya.

Tiga unsur di atas apabila diamalkan, maka akan menumbuhkan kesabaran. Sabar akan menjadi tiang  tegaknya tauhid.  Orang yang sabar ia akan tetap berada di jalan yang lurus setajam apapun rintangan yang akan dihadapi.

Sebaliknya, apabila kita tidak sabar dalam menegakkan ketauhidan kepada Allah, akan mudah bagi kita untuk goyah. Mudah terpengaruh oleh bujuk rayuan syaithan. Sehingga yang terjadi adalah berbuat kesyirikan, menduakan Allah, bahkan banyak mereka yang tidak bisa bersabar dalam  menjaga tauhid  lebih memilih untuk menukarnya dengan kemurtadan. (Puji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.