Aisyiyah Kota Malang Desain Perda TB Gandeng UMM dan DPRD Kota Malang

0
47
Saat Uji Publik Perda TB di PDA Kota Malang

Oknews.co.id – Setelah cukup lama terbengkalai akibat persoalan yang mendera sejumlah anggota DPRD kota Malang, Rully Sekretaris Aisyiyah Kota Malang mengatakan,  “Kini babak baru telah dimulai lagi, perjuangan kami membuat Rancangan Peraturan Daerah terkait Pencegahan dan Penanggulangan Tuberkulosis, dengan diserahkan draf di gedung DPRD kota Malang  hari ini”( 19/11/18).

Penyerahan draf tersebut dilaksanakan oleh Aisyiyah kota Malang bersama Tim Pengabdi Internal Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Malang, sebagai wujud pendampingan terhadap DPRD komisi D .

Ketua tim, Tinuk Dwi Cahyani SH SHI MHum menyampaikan rasa syukurnya proses pembuatan perda terkait tuberkulosis akhirnya bisa berjalan lagi setelah beberapa bulan aktivitas kantor DPRD kota Malang tidak berfungsi, ” ini adalah babak baru dalam perjuangan membuat PERDA TB di kota Malang setelah badai politik melanda, membuat tim harus menata ulang semuanya dari awal, semoga Allah memudahkan langkah kita,” harap Tinuk.

Sementara itu Ferry Adha Adianto, perwakilan dari DPRD komisi D menyampaikan ada beberapa catatan terkait tuberkulosis;

Pertama, pengendalian TB diperlukan mengingat Malang, merupakan kota terbuka, kota pariwisata, kota pendidikan dimana masyarakatnya sangat majemuk dan keluar masuknya orang cukup tinggi.

Kedua, peran serta semua pihak baik masyarakat dan pemerintah pihak terkait dalam hal ini DPRD mempunyai kekuatan untuk menentukan kebijakan keluarnya Perda terkait pengendalian TB supaya bisa membuat program terpadu dan berkesinambungan.
Dan ketiga, diharapkan perda ini nantinya dapat mengatur program percepatan pengendalian TB dengan melibatkan semua stakeholder di sektor maupun wilayah yang menjadi tanggung jawab pemerintah, sehingga fasilitas kesehatan, SDM, program dan lainnya dapat diwujudkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD).

Penyerahan draf tersebut diterima anggota DPRD komisi D kota Malang, Ferry Adha Adianto SH, Nanik Qurrata SST dan Mohammad Andi Mochsoni SE. Dalam mengerjakan raperda ini Tinuk didampingi dua rekannya, Said Noor Prasetyo SH MH dan Dwiratna Indri Hapsari SH.

Sebelum penyerahan berkas, sebelumnya telah dilakukan uji publik di kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Malang (10/10/18) yang dihadiri jajaran Pimpinan Daerah Aisyiyah, dinas kesehatan, anggota DPRD komisi D dan SSR TB. (Uzlifah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.