Bakti Sosial KKN Ponggok Universitas Negeri Malang

0
52

Oknews.co.id, Blitar – Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Ponggok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar 2018 tengah mengadakan kegiatan bakti sosial yang di wujudkan dengan membagikan bantuan sembako pada kaum dhuafa dan santukan anak yatim/piatu pada sabtu, (9/6).

Program kegiatan ini sangatlah di dukung oleh Pengurus Pemerintahan Desa Ponggok dan Anshor NU Ranting Ponggok. Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari penuh dengan tujuan membantu saudara-saudara yang membutuhkan uluran tangan di seluruh 4 Dusun yang ada di Desa Ponggok yakni Dusun Sumbernanas, Dusun Pulerejo, Dusun Jagoan dan Dusun Ponggok.

“Kegiatan ini diperlukan karena masih terdapat beberapa warga di daerah Ponggok yang benar-benar membutuhkan bantuan seperti warga lansia yang tidak memiliki penghasilan”. Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat Desa Ponggok hidup sejahtera sesuai dengan Tema KKN UM Ponggok 2018 yaitu mewujudkan Desa Mandiri dan Sejahtera” tutur Indra, salah satu mahasiswi KKN UM.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, keberadaan masyarakat tradisional dan masyarakat pedesaan makin hari makin kurang diperhatikan, baik dari kalangan pemerintahan ataupun dari kalangan orang-orang yang bisa dikatakan berkecukupan atau berada dari sisi ekonomi dan pekerjaan.

Berbagai persepsi menyatakan bahwa semakin merosot dan kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat baik dari segi pendapatan, ataupun dari segi lapangan pekerjaan sangat kurang sekali diperhatikan.Dalam pelaksanaan kegiatan ini mahasiswa mencari donatur dan sponsor guna memperlancar kegiatan bakti sosial.

“Kegiatan bakti sosial yang berupa membagikan bantuan sembako pada kaum dhuafa dan santukan anak yatim/piatu tidaklah sembarangan yakni sumbangan dari donatur baik berupa uang maupun barang haruslah sepenuhnya diberikan kepada sasaran yang tepat. Sehingga pihak panitia dilarang untuk menggunakan uang tersebut meskipun sebagai pengganti uang transport. Karena dalam hukum Islam apabila uang atau barang yang seharusnya diberikan kepada kaum dhuafa dan anak yatim piatu tetapi kita pakai meskipun sedikit untuk memenuhi keperluan pribadi kita maka hukumnya haram. Maka dari itu perlunya menata niat yang benar dalam hati kita” tutur salah satu anggota Ansor NU Ranting Ponggok.

Sehingga perlunya bimbingan pihak Ansor NU Ranting Ponggok kepada mahasiswa KKN dalam melaksanakan kegitan bakti sosial ini. Pembagian bantuan ini dilakukan dengan sistem open door to door dengan kerja sama pihak Anshor NU Ranting Ponggok kepada pihak penerima bantuan. Bantuan yang diberikan untuk anak yatim/piatu berupa sejumlah uang sedangkan untuk kaum dhuafa berupa sembako.

Mahasiswa KKN Ponggok Universitas Negeri Malang 2018 tersebut mengucapkan terima kasih kepada donatur yang telah mendonasikan sumbangan berupa uang maupun barang. Dan mahasiswa KKN Ponggok mengucapkan terima kasih juga untuk Pengurus Pemerintahan Desa Ponggok dan Anshor NU Ranting Ponggok yang telah mendukung dan membantu kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar. “Ujar ketua tim devisi sosial
(Indah Desiana Putri dan Indrawati, PGSD UM 2015)(Dki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.