Bangun Kreatifitas Remaja Dengan Aplikasi Desain Bangunan (AutoCAD)

0
28

Oknews.co.id, Sukoanyar – Jika sebagian orang mengangap bahwa hari rabu adalah hari yang biasa saja, namun tidak demikian dengan remaja-remaja Karang Taruna yang tampak semangat memadati Pendopo Balai Desa Sukoanyar. Mereka berbondong-bondong ingin mengikuti pelatihan software AutoCAD yang diadakan oleh mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang. Bagi remaja-remaja Karang Taruna  sangat penting untuk mengikuti acara tersebut karena sesuai dengan citra mereka sebagai remaja yang memiliki sejuta gudang kreatifitas.

Di balik kesibukan remaja-remaja Karang Taruna yang tidak hanya menjalani profesi sebagai mahasiswa maupun menjadi pekerja tiap harinya, tentu ada hasrat dalam diri mereka untuk mengikuti pelatihan software AutoCAD. Waktu dan kesempatan adalah alasan utama yang menjadi kendala mereka dalam mempelajari perencanaan suatu bangunan dan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih dalam suatu aplikasi desain bangunan, sehingga banyak berimbas pada pengetahuan mereka mengenai proses perencanaan beserta desain-desain untuk membuat suatu bangunan. Ada juga yang mengeluh tentang cara mendesain suatu bangunan agar memiliki segi estetika yang lebih ketika seseorang melihat bangunan tersebut.

Adanya pelatihan software AutoCAD gratis oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang menjadi buah manis bagi para remaja Karang Taruna untuk mendapat pengetahuan tentang cara menggambar suatu konstruksi dengan software AutoCAD dan melatih cara menggambar konstruksi dengan software tersebut mereka bisa mengikuti perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih yang nantinya digunakan sebagai tempat untuk menuangkan kreatifitas dalam mendesain suatu bangunan. Tidak hanya diberi penjelasan atau gambaran secara umum saja, namun mereka juga diajarkan menggunakan software, memahami cara menggunakan menu-menu perintah, dan dapat menggambar konstruksi bangunan berskala kecil dengan software AutoCAD.

Tujuan acara ini adalah untuk melatih remaja-remaja Karang Taruna untuk bisa menggambar suatu konstruksi dengan software tersebut dengan benar sehingga bila ada pembangunan skala kecil, para remaja dapat bersama-sama untuk merencanakan pembangunan tersebut. Karena panitia percaya, bahwa remaja-remaja tersebut memiliki sejuta kreatifitas yang bisa dituangkan dalam mendesain suatu bangunan untuk menambah nilai estetikanya.

Acara ini berjalan sesuai rencana yang diharapkan oleh panitia dan antusias remaja untuk tak segan dalam menanyakan bagian mana yang kurang dimengerti saat acara pelatihan berlangsung, acara juga berlangsung dengan lancar dan meriah.

Remaja-remaja Karang Taruna berharap acara semacam ini tetap berlangsung dan ditingkatkan lagi ke tahap berikutnya di waktu mendatang serta para mahasiswa tetap aktif berkomunikasi meskipun kegiatan KKN telah selesai. (Ryn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.