Banyak ODGJ dan ODMK Yang Belum Terawat Dengan Baik, Mahasiswa KKN 119 UMM Mengedukasi Keluarga Pasien ODGJ Dan ODMK di Desa Sambigede

0
168

Oknews.co.id, Malang – Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) merupakan contoh dari banyak masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat, tak terkecuali di desa Sambigede.

Berdasarkan data kesehatan yang ada di polindes desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung, menunjukkan masih banyak pasien ODGJ dan ODMK yang belum tertangani dengan baik bahkan dibiarkan begitu saja oleh keluarga pasien.

Khawatir dengan permasalahan tersebut, KKN 119 UMM mengadakan penyuluhan kepada keluarga pasien ODGJ di Desa Sumberpucung, dengan harapan warga yang memiliki anggota keluarga yang memiliki masalah kejiwaan tersebut dapat ditangani.

Kegiatan penyuluhan tersebut turut menggandeng mahasiswa kedokteran UNISMA yang sedang melakukan praktek di Puskesmas Sumberpucung, serta menggandeng pula tenaga kesehatan di Kecamatan Sumberpucung.

Hampir sebagian besar keluarga beserta pasien ODGJ dan ODMK menghadiri kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan di Balai Desa Sambigede tersebut.

Materi penyuluhan disampaikan oleh dr. Yusrin Aulia, dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. Edukasi mengenai ODGJ dan ODMK diharapkan dapat meningkatkan kesadaran keluarga pasien ODGJ dan ODMK akan pentingnya penanganan khusus pada pasien ODGJ dan ODMK, serta membuka pandangan bahwa keluarga merupakan aspek yang sangat penting terhadap kesejahteraan hidup pasien ODGJ dan ODMK.

Selain penyampaian materi, kegiatan penyuluhan ini diakhiri dengan sesi sharing dari salah satu keluarga pasien ODGJ yang rutin berobat dan keadaannya kini jauh lebih baik dari sebelumnya. “Diharapkan dari cerita yang dibagikan oleh salah satu keluarga pasien di desa Sambigede ini, saya berharap bapak dan ibu mau lebih rutin dalam memeriksakan dan memberi obat pada keluarganya yang menderita gangguan jiwa” ujar penanggung jawab ODGJ dari puskesmas Sumberpucung menutup sesi sharing.

Adanya penyuluhan ini disambut baik oleh tenaga kesehatan setempat. Penanggung jawab ODGJ dari pihak desa berharap penyuluhan ini dapat menjadi awal yang baik dalam menginisiasi Posyandu ODGJ yang rencananya akan diadakan setiap bulan.

(DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.