Bentuk Jiwa Qur’ani, Mahasiswa UM Gelar Kegiatan Festival Ceria Ramadhan

0
81

Oknews.co.id, Malang – Dengan menyambut 10 Malam terakhir Bulan Ramadhan, Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Kelurahan Candirenggo mengadakan kegiatan “Festival Ramadhan Ceria” untuk membentuk generasi kreatif, berakhlak mulia, dan berjiwa Qur’ani. Didalam kegiatan tersebut terdapat berbagai macam mata lomba diantaranya; Adzan, Kaligrafi, Dai, Tartil, dan Hifdzil Qur’an. Festival Ramadhan Ceria dilaksanakan pada hari senin (11/6).

Menurut Rahmat Fahmi selaku ketua pelaksana mengatakan awalnya dia ragu apakah kegiatan ini akan berhasil dikarenakan hari pelaksanaan kegitan H-4 lebaran, dan anak-anak di wilayah kelurahan Candirenggo telah banyak yang pulang ke kampung halamannya.
Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat Mahasiswa KKN UM, dengan berbagai macam perencanaan mereka gunakan untuk menyukseskan kegiatan ini”ujarnya.

Usaha tidak mengkhianati hasil, acara berjalan dengan lancar dan sesuai target yang diharapkan. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan festival ramadhan ceria ada kurang lebih 98 peserta. Dan, Jumlah juri sebagai penilai terdapat 9 orang dengan kemampuan yang tidak diragukan lagi.
Kegiatan pada hari itu berjalan dengan lancar berkat kerjasama dari setiap panitia.

Koordinator pelaksana kegiatan tersebut mengatakan awalnya kami sangat kebingungan, mungkin dikarenakan kami gugup dan kegiatan ini adalah salah satu kegiatan terbesar kami. Namun dengan koordinasi dan kerjasama yang baik, acara berjalan dengan lancar dan mendapat repon yang baik dari peserta dan wali mereka” pungkas dewi fatimah

Acara dimulai dengan pembukaan dan peserta dibagi sesuai dengan mata lomba yang mereka ikuti dan diarahkan ke tempat pelaksanaan lomba, yakni ruang kelas SDN Candirenggo 1 dan gedung serbaguna Kelurahan Candirenggo. Setelah semua cabang lomba selesai dilaksanakan, Penanggung jawab Lomba dan juri melakukan rekapitulasi nilai untuk menentukan calon pemenang, sementara peserta diarahkan kembali ke gedung serbaguna untuk acara hiburan dengan bernyanyi bersama lagu sholawat guna menunggu pengumuman calon pemenang.

Setelah rekapitulasi nilai, didapatkan 15 calon pemenang yakni masing-masing 3 peserta untuk setiap cabang mata lomba. Trofi dan Hadiah akan diserahkan bertepatan dengan penutupan kegiatan KKN UM di Kelurahan Candirenggo.

Menurut salah satu juri Hifdzil Qur’an mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat baik guna meningkatkan kecintaan anak terhadap islam dan Al Qur’an, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang meriah dan diikuti oleh peserta yang cukup banyak dari berbagai kegiatan yang telah ia ikuti (Dewi Fatimah/Dki).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.