Bersinergi dengan Warga, Mahasiswa UMM Gerakkan Penghijauan di Wisata Lereng Dworowati (WLD)

0
108

Oknews.co.id – Desa Ngabab, Pujon – Praktikum II Jurusan Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Malang, yang dibimbing oleh Bapak Zaenal Abidin S.Sos., M.Si. Melaksanakan kegiatan “Penanaman Bibit Pohon di Wilayah Wisata Lereng Dworowati (WLD)” pada Senin, (16/9/2019).

Pujon adalah sebuah kecamatan di kabupaten Malang yang dikelilingi perbukitan dan gunung, antara lain: Gunung Biru, Gunung Argowayang, Gunung Gentong Growah, Gunung Dworowati, Gunung Kukusan, Gunung Parangklakah, Gunung Kawi, Gunung Cemoro Kandang dan Gunung Anjasmoro. Kondisi alam Pujon yang berada di dataran tinggi membuat sektor pertanian dan peternakan menjadi komoditas utama masyarakatnya.

Di desa Ngabab-Pujon sendiri, terdapat Gunung Dworowati yang merupakan sebuah gunung tidak aktif yang berada di kec pujon. Gunung Dorowati memiliki ketinggian 1.586 meter di atas permukaan air laut (mdpl) dengan beberapa puncak lain disekitarnya seperti Puncak Kukusan dan Puncak Parangklakan.

Uniknya di ketinggian kurang lebih 1.227 Mdpl di wilayah Gunung tersebut, terdapat sebuah wisata alam yang sangat berpotensi dari segi pemandangan dan kekayaan alamnya, yaitu tempat yang biasa disebut Wisata Lereng Dworowati (WLD).

Di Wisata Lereng Dworowati tersebut terdapat banyak pemandangan alam yang dapat memanjakan mata dengan panorama kehijauan alamnya, terdapat juga tempat spot foto, tempat area camping dan pendakian langsung ke Gunung Dworowati, serta disekitar wilayah tersebut banyak tanaman dan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan langsung oleh warga desa sekitar. Para wisatawan yang akan menuju ke WLD, akan dimanjakan oleh banyaknya pemandangan – pemandangan, persawahan dan perkebunan yang asri dan masih asli terjaga keindahan alamnya.

Dalam kegiatan Penanaman Bibit Pohon yang digagas mahasiswa praktikum dari Universitas Muhammadiyah Malang – Jurusan Kesejahteraan Sosial tersebut, praktikan melakukan penanaman 100 bibit pohon. Yang dimana 50 diantaranya adalah bibit pohon alpukat dan 50 bibit pohon nangka. Rencananya bibit pohon tersebut akan ditanam di sekeliling Wisata Lereng Dworowati. Sebelumnya praktikan juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak pengelola WLD untuk lahan lokasi yang tepat untuk area penanaman tersebut.

Galby Yuardha Putra, selaku Penanggungjawab kegiatan tersebut mengungkapkan, Penanaman Bibit Pohon di WLD tersebut bertujuan untuk menambah hijau wilayah tersebut dan kedepannya agar tanaman tersebut bisa bermanfaat terhadap pihak pengelola WLD maupun warga desa sekitar. Kedepannya, dari Praktikan dan pihak WLD tetap berharap untuk senantiasa menjaga dan merawat bibit tersebut dan yang pasti tetap menjaga keindahan alam dan keasrian lingkungan di sekitar wilayah wisata WLD tersebut.

Dalam konsep kegiatan tersebut, Praktikan ingin lebih mengembangkan lagi potensi yang terdapat di Desa Ngabab – pujon. Salah satunya dalam segi wisata, dimana praktikan dalam program kerjanya memutuskan untuk melakukan suatu bentuk kerjasama dengan pihak WLD, untuk melakukan pemberdayaan potensi untuk  meningkatkan daya tarik wisata dan untuk membranding (mempromosikan) Wsata Lereng Dworowati tersebut.

Gandhi Wisnu Pamukti, Ketua Kelompok Praktikum II Desa Ngabab mengatakan, bahwa dalam kegiatan Penanaman Bibit Pohon tersebut, praktikan mengundang berbagai komunitas desa, diantaranya Pemuda – pemudi pengelola WLD Desa Ngabab, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Ngabab, dan Karang Taruna Desa Ngabab. Para undangan sangat antusias mengikuti kegiatan penanaman 100 bibit pohon tersebut.

Sebelumnya, Choirudin, salah satu pengelola WLD menngungkapkan bahwa pihak pengelola WLD selalu welcome kepada semua bentuk kerjasama. Contohnya adalah kerjasama antara Praktikan dengan pihak WLD seperti yang terjadi saat ini. Pihak pengelola WLD sangat senang jika terdapat sebuah program pemberdayaan potensi yang bertujuan untuk kelestarian wisata, khususnya wisata alam.

Dengan adanya program penanaman bibit pohon tersebut, pihak WLD berharap kerjasama tersebut terus berlanjut meskipun para anggota Praktikum Desa Ngabab tersebut sudah selesai melaksanakan Praktikum di Desa tersebut.

Tujuan dalam kegiatan Penanaman Bibit Pohon di Wilayah Wisata Lereng Dworowati tersebut agar nantinya tempat Wisata WLD tersebut menarik banyak wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Penanaman bibit tersebut nantinya akan membuat Wilayah WLD menjadi lebih hijau, asri dan kaya akan pepohonan yang memiliki sumber konsumsi seperti bibit alpukat dan bibit nangka seperti yang ditanam dalam kegiatan penanaman tersebut.

Praktikum II Kelompok 4 Desa Ngabab, Pujon
Hutri Agustino, S.Sos., M.Si. Sebagai Kepala Laboraturium
Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang

Wisata Lereng Dworowati Desa (WLD) Ngabab – Pujon
Universitas Muhammadiyah Malang

(Cakra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.