Biasakan Hidup Sehat Sejak Dini, Mahasiswa KKN UM Desa Gubug Klakah Ajarkan PHBS Ke Siswa PAUD

0
177

Oknews.co.id,- Kesehatan adalah salah satu pilar terlaksananya pembangunan nasional di suatu negara. Bukan hal yang mudah untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Pada dasarnya, kesehatan pada masyarakat adalah interaksi antara faktor lingkungan, pelayanan kesehatan, dan hereditas (H. L. Blum). Oleh karena itu, diperlukan koordinasi yang baik antara seluruh komponen dalam suatu negara, baik pemerintah, tenaga medis, masyarakat.

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan suatu konsep yang menggambarkan perilaku individu yang membiasakan dirinya untuk tetap menjaga kesehatan serta sebagai upaya untuk mencegah penyakit, memelihara kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat.

Namun secara umum, hal yang menjadi masalah kesehatan di Indonesia yakni seputar permasalahan buruknya sanitasi, dan tidak diterapkanya perilaku hidup bersih dan sehat oleh masyarakat. Tingginya angka kesakitan di Indonesia juga berhubungan dengan beberapa faktor baik alam maupun manusia.

Berbagai faktor pemicu masalah keseharan tersebut mendorong mahasiswa untuk melakukan sosaialisasi kegiatan dengan pendekatan edukatif pelatihan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai pendukung agar masyarakat di Desa Gubug Klakah siaga dalam mengahadapi permasalahan kesehatan dengan membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan meliputi cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Sasaran kegiatan tersebut adalah anak-anak Desa Gubug Klakah yang tergabung dalam Pendidikan anak usia dini (PAUD) Ar-Rochim dan PAUD PKK Al-Ghifari. Kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang diketuai oleh Muhammad Angga Nurrizqi, sebagai upaya untuk membiasakan sejak dini guna mencegah resiko penyebaran penyakit seperti cacingan, diare, gangguan pernafasan, gangguan kulit dan lain-lain.

Sosialisasi PHBS dilaksanakan pada tanggal 30 Juni hingga 04 Juli 2018 di balai desa Gubug Klakah yang melibatkan 20 mahasiswa KKN UM, Para peserta sosialisasi yakni siswa PAUD Ar-Rochim dan PAUD PKK Al-Ghifari serta didampingi oleh para guru dan orang tua siswa. Antuasiasme peserta terlihat saat para mahasiswa mengajarkan cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang baik dan benar, peserta kompak dan saling berebut untuk mempraktekan di depan aula.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi diharapkan seluruh siswa PAUD mampu untuk mempraktekkan dan membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat sejak dini. Sehingga mampu mencapai derajat kesehatan yang optimal sebagai upaya pembangunan nasional.(Dki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.