Rabu, Oktober 16, 2019
Beranda Ekonomi Bisnis Batik, Sebuah peluang dan tantangan

Bisnis Batik, Sebuah peluang dan tantangan

0
152

Oknews.co.id, Potensi bisnis batik memang tidak ada matinya, batik yang merupakan identitas negara adalah warisan budaya yang harus dilestarikan. Apalagi pemerintah sudah mengesahkan hari batik se-Indonesia untuk mempertahankan dan mengembangkan perbatikan Indonesia. Tentu ini adalah peluang yang bagus bagi Anda untuk terjun ke bisnis batik. Bahkan kini dunia pun mulai memberikan apresiasi lebih pada produk-produk asli ibu pertiwi ini.

Semenjak zaman industrialisasi dan globalisasi, batik jenis baru mulai bermunculan. Seperti yang dikenal sebagai batik cap dan batik cetak, sementara batik tradisional yang diproduksi dengan teknik tulisan tangan menggunakan canting dan malam disebut batik tulis. Pada saat yang sama imigran dari Indonesia ke Wilayah Persekutuan Malaysia juga membawa batik bersama mereka.

 

Semakin berkembangnya zaman, model batik kini semakin beragam. Model batik kini tidak lagi hanya yang itu-itu saja. Ada batik yang dipadukan dengan bahan yang lain sepeti kulit dan bahan lainnya. Berikut beberapa tips yang dapat anda pertimbangkan untuk memulai bisnis batik.

1. Kreatif

Tips pertama untuk berbisnis batik di tengah persaingan yang sangat ketat ini adalah dengan membuat model sendiri. Perbedaan produk yang dijual memang sesuatu yang mutlak dilakukan agar bisnis Anda bisa dilirik oleh konsumen di tengah banyaknya bisnis serupa.

2. Terus berinovasi

Terus lakukan inovasi pada produk batik Anda, produk batik adalah gabungan unsur tradisi budaya, seni dan kreatifitas. Lakukan inovasi baik dalam motif maupun model pakaian batiknya. Jangan hanya menuruti tren pasar saja, tapi buatlah ciri sendiri agar orang mencari produk Anda.

3. Gunakan teknologi

Teknologi internet dewasa ini telah memungkinkan siapa saja untuk mempromosikan produk-produk Anda tidak hanya terbatas pada pasar dalam negeri. Penjualan melalui internet juga sangat efektif untuk memasarkan produk anda secara global sekaligus memperkenalkan produk yang Anda jual ke pasar internasional.

4. Ikuti Perkembangan tren Pasar

Ikuti perkembangan pasar terbaru dari pasaran. agar produk batik yang Anda jual bisa diterima oleh pasaran. Berikan perbedaan produk yang Anda tawarkan dengan produk serupa. Perkembangan pasar batik juga selalu mengalami perubahan yang pesat, dengan banyaknya model-model batik terbaru.

5. Gunakan aplikasi pembukuan

Perangkat pembukuan online membuat penyusunan laporan keuanagan bisnis batik yang anda jalani menjadi lebih mudah. Jika Anda mencari aplikasi pembukuan yang simple untuk memudahkan usaha Anda, software akuntansi online seperti Jurnal bisa menjadi solusinya.

Peluang bisnis batik akan sangat menjanjikan apabila Anda mampu membuat dengan konsep bisnis batik yang berbeda. Dengan mempelajari seni membantik dari berbagai daerah di Indonesia maka anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang seni batik. Bahkan bisa saja menciptakan corak batik sendiri, seni pembuatan batik yang tidak hanya pada pakaian atau perpaduan antar corak batik dari beberapa daerah. Hal ini tentu bisa menjadikan pangsa pasar yang bagus dalam bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.