Breaking News: IMM Sambut Jonan dengan Demo

0
378

Oknews.co.id, Malaang – – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah se-Malang Raya demo di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Selasa (21/2/2017). Demo mahasiswa itu bertepatan dengan kedatangan Menteri ESDM Ignasius Jonan ke UMM.

Dalam aksinya, mereka mengkritisi kebijakkan pemerintah yang mencabut subsidi listrik per 1 Januari 2017. Termasuk kenaikan BBM. Selain itu, mereka juga mendesak pemerintah mencabut PP No 30 Tahun 2009 Pasal 72.

Koordinator aksi, Fajrin Fadlillah (22) mengatakan Ignasius Jonan juga memiliki peranan besar terhadap Izin Usaha Pertambangan Khusus yang diberikan kepada PT Freeport. Oleh sebab itu, Jonan harus bertanggungjawab terhadap kebijakkan yang dia ambil. “Saham Freeport 51 persen akan dibagikan kepada borjuis baru. Tidak diberikan kepada negara dan rakyat,” katanya, Selasa (21/2/2017).

Masa aktivis IMM memadati halaman kampus

Mahasiswa mendesak agar pemerintah memperhatikan dampak masyarakat jelata terhadap kebijakan yang diambil. Mahasiswa menilai kebijakan di bidang ESDM banyak yang populis.

Igansius Jonan dijadwalkan memberikan kuliah umum di UMM dengan tema Capacity Building Energi Baru Terbarukan (EBT). Dia akan menjadi pembicara bersama Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzhar Simanjuntak.

Zulfahmi Ketua IMM Cabang Malang Raya menyatakan inilah daya kritis kaum muda muhammadiyah, kondisi bangsa yang rapuh akibat kapitalisme global harus segera dipulihkan dengan menyertakan negara dalam pengelolaan ESDM terutama terkait freeport. (HK)