Budaya Menggunjing, Hal Sepele Tetapi Memiliki Efek Luar Biasa

0
28
budaya ibu-ibu di Indonesia adalah kegiatan PKK yang juga menjadi salah satu ajang silaturahmi di masyarakat

Oknews.co.id – Salah satu budaya ibu-ibu di Indonesia adalah kegiatan PKK yang juga menjadi salah satu ajang silaturahmi di masyarakat. Hal ini juga terjadi di masyarakat RT 02 kel Penanggungan kota Malang pada ahad sore (7 April). Para ibu-ibu terlihat begitu antusias menghadiri PKK tersebut, yang tidak hanya sebagai tempat untuk bersilaturahmi, tetapi juga untuk menuntut ilmu. Dengan adanya kegiatan ini, secara tidak langsung juga bisa mengurangi kesempatan ak kita untuk menggunjing satu sama lain.

“Menggunjing merupakan hal yang sepele tetapi memiliki efek luar biasa” itulah yang diungkapkan ustadzah uzlifah yang menjadi pemateri kali ini. Beberapa efek yang timbul dari kegiatan menggunjing yaitu berdosa, amalan kita tidak akan diterima, dan pahala kita akan mengalir kepada orang yang kita gunjing. Begitu banyak mudharat yang didapat dari kegiatan sepele ini.

Menggunjing sendiri tidak hanya dilakukan kepada orang terdekat sekitar kita, tetapi juga pada sosok pemimpin. Pemimpin juga sama seperti kita memiliki kelebihan dan juga kekurangan, kalau memang pemimpin yang sudah ada belum bisa mempimpin dengan baik, maka yang bisa kita lakukan adalah mendoakannya bukan hanya mengeluh dan menggunjingnya saja. Sadar atau tidak pemimpin yang ada sekrang juga merupakan pilihan kita.

“Yang wajib kita ikuti yang pertama adalah Allah, kedua Rasulullah, dan terakhir pemimpin-pemimpin kita” pungkas beliau. Dapat diketahui bahwa seorang pemimpin dapat membuat kita lebih baik maupun sebaliknya. Maka dari itu kedepannya kita harus memilih pemimpin yang benar-benar amanah sesuai dengan syariat islam. Pemimpin yang berhak kita pilih setidaknya harus memiliki kriteria sebagai berikut, yang pertama memiliki kemampuan untuk memimpin (kapabilitas), memiliki moral yang bagus, dan memiliki integritas yang tinggi.
Pada akhirnya setiap orang harus memperbaiki kepribadiannya dalam segala hal agar apapun yang kita harapkan dapat terwujud dengan baik. (Retno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.