Cegah COVID-19, Mahasiswa KKN UM Desa Sumbersekar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

0
231

OKNEWS.CO.ID – MALANG, Penyebaran virus corona (Covid-19), khususnya di Indonesia  yang belum kunjung mereda dan jumlah korban yang terus bertambah membuat masyarakat semakin resah. Penyebaran virus tersebut dapat dicegah dan dilakukan pemutusan rantai penyebaran dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan penyemprotan desinfektan secara rutin.

Pandemi Covid-19 tidak membuat Universitas Negeri Malang patah semangat untuk mendorong mahasiswanya dalam memberi kontribusi ke Desa melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sebagian besar mahasiswa mengikuti KKN secara (online) mulai 29 Mei 2020 hingga 7 Juli 2020. Dengan adanya daring, maka mahasiswa melakukan kegiatan KKN dari kos atau Rumah. Untuk mahasiswa yang tempat tinggalnya masih di wilayah tempat KKN/terjangkau untuk datang ke lokasi KKN diperbolehkan untuk langsung terjun ke lapangan asalkan mendapat persetujuan dari pihak Desa dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Namun, mahasiswa tidak diperbolehkan untuk menginap di Desa.

Malang merupakan salah satu wilayah zona merah Covid-19. Sebagai langkah antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) khususnya di wilayah Malang, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UM membantu melakukan penyemprotan disinfektan bersama Relawan PMI, TNI, POLRI serta warga Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Penyemprotam dilakukan pada hari Senin, 08 Juni 2020 mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Penyemprotan desinfektan dilakukan secara menyeluruh di 4 dusun yang ada di Desa Sumbersekar, yaitu dusun Banjar Tengah, Semanding, Krajan, dan Precet. Penyemprotan dilakukan diberbagai titik sudut yang menjadi pusat keramaian sepert sawah, tempat ibadah, pasar, warung, rumah penduduk dan tempat umum lainnya. Meskipun di tengah pandemi Covid-19, semangat mahasiswa untuk melakukan pengabdian di lokasi KKN Desa Sumbersekar tidak menurun.

TNI dan Polri ikut partisipasi penyemrprotan

Selain kegiatan penyemprotan yang dibantu relawan PMI, TNI, dan POLRI, beberapa mahasiswa KKN UM juga membantu penyemprotan disinfektan setiap satu minggu sekali di RT setempat Desa Sumbersekar. Penyemprotan di RT dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tidak setiap RT dilakukan penyemprotan pada hari yang sama. Sedangkan untuk bahan bahan yang digunakan untuk keperluan penyemprotan ini berasal dari hasil iuran RT warga setempat, iuran berdasarkan dari keikhlasan warga tanpa ada jumlah minimal dan maksimalnya.

Kegiatan positif ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Selain TNI, POLRI, dan PMI, Pemerintah daerah setempat, khususnya Kepala Desa Sumbersekar sangat mendukung serta menerima dengan tangan terbuka. Hal ini ditunjukkan dengan totalitas beliau ketika mendampingi mahasiswa dalam pelaksanaan penyemprotan desinfektan. Beliau menghimbau agar warganya tetap mematuhi dan melaksanakan protocol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

“Penyempotan ini dilaksanakan guna mencegah dan menghilangkan virus atau bakteri terutama pada tempat keramaian sehingga rantai penyebaran dapat terputus dan mensterilkan kembali tempat-tempat umum yang sering dikunjungi masyarakat,” ujar Fakhul Amin selaku Koordinator Desa Sumbersekar dan juga Penanggung Jawab Proker. Dia juga berharap “Semoga melalui langkah kecil kita ini, bisa sedikit membantu pemutusan rantai penyebaran COVID-19 di Desa Sumbersekar khususnya. Semoga pandemi segera berakhir dan kita bisa segera beraktivitas normal kembali. Berakhirnya masa PSBB menuju New Normal hendaknya tetap mematuhi protocol kesehatan yang berlaku, sehingga kita semua terhindar dari virus corona ini”. Selagi menyambut New Normal  dan berakhirnya masa PSBB di Malang, penyemprotan disinfektan ini diharapkan dapat memutus rantai penyebaran  COVID-19.

 

Pewarta: 1. Dhita Eka Pramesti – Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat UM

2. Ayu Wulandari – Mahasiswa Jurusan Kimia UM

Pewarta foto: Lingga Pratama Winarko – Mahasiswa Jurusan PPKN UM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.