Inovasi Desa Tangguh Mahasiswa KKN UM Desa Johowinong

0
228
Mahasiswa UM Melakukan Penjagaan Posko Covid-19 di Desa Johowinong

Oknews.co.id – Jombang, 18 Juni 2020 Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan KKN pengabdian di Desa Johowinong, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. KKN ini merupakan KKN pulang kampung edisi Covid-19 dan diikuti oleh mahasiswa UM yang berasal dari daerah Jombang. Sebanyak 22 mahasiswa mengikuti program KKN pulang kampung.

Program kemahasiswaan ini berfokus pada pencegahan Covid-19 dan pemberdayaan masyarakat melalui potensi yang dimiliki oleh desa tersebut. Program pencegahan Covid-19 dilakukan dengan cara penjagaan posko Covid-19 yang bertepatan di SDN 1 Johowinong, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. Posko pencegahan Covid-19 diadakan untuk meminimalisir penyebaran virus di Desa Johowinong.

Penjagaan posko mahasiswa KKN UM dengan didampingi perangkat desa.

“Sejauh ini tidak ada kasus positif Covid-19 di desa ini”, kata Maslah, selaku perangkat Desa Johowinong. Mahasiswa UM beserta perangkat desa menyusun jadwal penjagaan posko secara bergantian yakni mulai pukul 7 pagi hingga 7 malam. Kegiatan penjagaan posko ini akan berlangsung mulai tanggal 29 Mei sampai 30 Juni 2020. Di desa ini, bagi warga desa yang berada di luar kota kemudian pulang kampung, pihak desa juga telah memiliki cara tertentu untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Untuk warga yang berada di luar daerah kemudian pulang kampung, kami menerapkan aturan wajib lapor di posko untuk pemeriksaan kondisi atau dapat menghubungi nomor telepon yang tertera di banner posko. Kemudian setelah melapor, warga diwajibkan untuk melakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari, karena posko pencegahan tidak memiliki fasilitas yang mendukung untuk karantina warga. Namun, kebanyakan warga di sini bekerja sebagai petani, jadi sangat jarang ada warga yang bepergian ke luar kota”, kata Nur Yani, selaku perangkat desa.

Pewarta : Rizky Ichlashul Amilia H.H – Mahasiswa Jurusan Biologi UM
Pewarta Foto : Aulya Prasetya Firmana – Mahasiswa Jurusan Biologi UM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.