Cerita Kecil: Bu Mufarochah, Guru Serba Bisa

0
195
Mufarochah, Guru SMPN Paciran

Oleh: Fathur Rahim Syuhadi

Bu Mufarochah mulai mengajar di SMPN Paciran pada tahun ajaran 1983 – 1984, seangkatan dengan Bu Yulia Yusnah, Bu Ciciek Syamsiyah, Bu Kustini, Pak Edy, Pak Hery, Pak Arief,.Pak Mustakim, Pak Muhtar.

Bu Mufarochah merupakan guru yang serba bisa mengajar. Beliau pernah mengajar pelajaran Geografi, Sejarah, Ketrampilan, Pembukuan.

Hal ini bisa dimaklumi, mengingat saat itu guru SMPN Paciran sangat terbatas sekali.

Kami diajar Bu Mufarochah mulai kelas dua yaitu pelajaran Ketrampilan. Dalam pelajaran ini, kami diajari masak menu 4 sehat 5 sempurna. Kemudian diadakan lomba memasak antar kelas. Tentu yang masak murid perempuan, yang laki laki hanya bantu bantu, termasuk membantu menghabiskan makanan

Di kelas tiga, kami diajar Bu Mufarochah pelajaran Geografi. Saat itu, Bu Mufarochah sedang hamil tua anak pertamanya. Pelajaran Geografi untuk kelas tiga banyak membicarakan benua. Dalam pelajaran ini Bu Mufarochah menggunakan alat peraga yang berupa globe.

Walau kondisi yang sangat kelelahan karena hamil tua, Bu Mufarochah tetap mengajar dengan penuh kesabaran. Kami perhatika juga, Bu Mufarochah mengajar sambil memegangi perutnya tatkala mau berdiri dari kursi yang diduduki, begitu juga bila mau duduk di kursi.

Bu Mufarochah lulusan IKIP Malang, jurusan IPS. Penampilannya penuh wibawa dengan rambut yang panjang. Mengajarnya penuh keibuan. Tutur katanya halus. Tidak lupa, setiap mengajar memberikan nasehat dan motivasi pada kami.

Pendidikan yang dilalui Bu Mufarochah di TK ABA dan MIM Blimbing Paciran bagi Bu Mufarochah sangat menyenangkan dan mengesankan. Guru gurunya sangat agamis sekali dan akhlaknya bagus. Setamat dari MIM Blimbing Bu Mufarochah melanjutkan ke SMP dan SMA di Tuban.

Bu Mufarochah berasal dari keluarga Petambak di desa Labuhan, Brondong dan bersuamikan Pak Luthfi yang berasal dari Sedayulawas yang bekerja di Bagian Tehnik TVRI Surabaya. Bu Mufarochah dikaruniai 4 orang anak yakni Aulia, Ratna, Nur Falakhi, dan Angga dan dikaruniai 4 cucu yang lucu lucu.

Saat ini Bu Mufarochah mengajar di SMPN 4 Surabaya,
Jalan Tanjung Anom nomor 12, dekat Siola Tunjungan, Surabaya.

Bu Mufarochah, pemilik no hp 0813-3078-7676 sekarang tinggal di perumahan Gunung Sari Indah Blok I Nomor 3 Kedurus, Karangpilang, Surabaya.

Terima kasih Bu Mufarochah, atas ilmunya yang diajarkan pada kami. Insya Allah ilmu tersebut sampai saat ini masih berguna. Semoga Ibu Mufarochah sehat selalu dan berbahagia bersama putra putri dan cucunya.

Editor : Baba Barry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.