Ciptakan Olahan Baru Dari Susu, UMM Ingin Tingkatkan Ekonomi Desa Ngabab Pujon

0
97

Oknews.co.id, Desa Ngabab, Pujon – Praktikum II Jurusan Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Malang, yang dibimbing oleh Zaenal Abidin S.Sos., M.Si. memberikan kegiatan “Sosialisasi Pengolahan dan Pemasaran Susu Sapi Perah” menjadi olahan Tahu Susu pada Kamis, (11/9/2019)

Desa Ngabab adalah desa yang potensial dari segi pertanian dan peternakan, petani di Desa Ngabab kurang lebih berjumlah 3.000 orang yang menanam berbagai jenis sayur – sayuran, buah – buahan, palawija, dan padi. Untuk peternakan, di Desa Ngabab kurang lebih berjumlah 1.000 orang peternak sapi perah. Dari sapi perah tersebut peternak juga bisa memanfaatkan susu sapi segar tersebut.

Dalam sosialisasi ini praktikan mengadakan sosialisasi pengolahan susu sapi segar sekaligus praktek langsung kepada para masyarakat peserta kegiatan di Desa Ngabab yang nantinya dalam sosialisai tersebut ibu-ibu kader PKK juga mengetahui proses pembuatan dan bisa membuat sendiri tahu susu organik yang bisa dibuat sendiri di rumah yang akan dijual untuk tambahan perekonomian masing-masing.

Dalam kegiatan sosialisasi yang digagas oleh mahasiswa praktikum dari UMM jurusan kesejahteraan sosial, mengahadirkan pemateri dari mahasiswa UMM Fakultas Pertanian dan Peternakan, Annisa Nur Cholila dan Teguh Satrio Widodo. Beliau menjelaskan tentang manfaat olahan tahu susu dan sekaligus praktek cara pembuatan Tahu Susu.

Pemateri menjelaskan cara pengolahan susu (dok:red)

Merry Iga Maharany, selaku Penanggungjawab kegiatan tersebut mengatakan, “tujuan dari diadakannya sosialisasi tersebut adalah agar hasil susu ternak dari para peternak yang ada di Desa Ngabab tidak terpaku untuk selalu disetorkan ke Koperasi Unit Desa (KUD) susu Desa Ngabab. Oleh karena itu, susu bisa diolah atau diproduksi sendiri agar nilai jualnya lebih tinggi daripada susu sapi segar pada umumnya” ujarnya.

Devi Tri Rahayu, Wakil Ketua Praktikum II Desa Ngabab mengutarakan, “dengan adanya kegiatan sosialisasi pengolahan susu tersebut, ia berharap pengolahan susu menjadi tahu susu itu terus berkelanjutan, dan tidak berhenti sampai sosialisasi yang diadakan tesebut selesai. Terlebih lagi jika olahan susu menjadi tahu susu tersebut bisa menjadi salah satu produk unggulan dari Desa Ngabab, Pujon” pungkasnya.

Ibu Tatik, selaku Ketua ibu – ibu PKK Desa Ngabab, mengatakan serta memberi tips untuk berwirausaha agar “masyarakat Desa Ngabab tidak takut dalam melakukan inovasi dalam berwirausaha jika warga Desa Ngabab ingin membuka usaha, jangan takut untuk gagal. Serta jangan takut memberikan tester, agar orang lain tau rasa dari hasil wirausaha kita” ungkapnya.

Sosialisasi pengolahan susu sapi segar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan inofasi pengolahan produk susu yang akan berkelanjutan untuk membuka lapangan kerja baru yang akan meningkatkan perekonian warga Desa Ngabab Pujon.

Kegiatan tersebut bukan hanya sekedar sosialisasi, namun juga mengenai praktek proses pembuatan, dimana dalam acara tersebut tidak sekedar sosialisasi melainkan penjelasan mengenai manfaat tahu susu bagi kesehatan.

Praktikum II Kelompok 4 Desa Ngabab, Pujon
Hutri Agustino, S.Sos.,M.Si, Sebagai Kepala Laboraturium Kesejahteraan Sosial
Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang
Universitas Muhammadiyah Malang

(DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.