Cross Culture Thailand – Indonesia Gebrak FISIP UMM

0
84
Foto bersama, dosen dan mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM bersama mahasiswa Khon Kaen University (KKU) Cola, Thailand dalam dialog lintas Budaya, Rabu (23/1/2019), di ruang sidang FISIP UMM.

OKNEWS.ID – Malang, Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Prodi IP FISIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tidak henti-hentinya mendukung mahasiswa untuk mengasah bakat dan kemampuan melalui kegiatan talkshow bersama Mahasiswa Pertukaran dari COLA Khon Kaen University (KKU) Thailand, Rabu (23/1/2019), di ruang sidang FISIP UMM.

Acara ini dihadiri oleh dosen, mahasiswa Ilmu Pemerintahan dan juga mahasiswa pertukaran dari COLA Khon Khaen University (KKU), Thailand. Dalam acara ini, Mahasiswa Ilmu Pemerintahan dan Mahasiswa Pertukaran dari Thailand menjelaskan mengenai budaya dari negaranya masing-masing.

Pemaparan diawali oleh Mahasiswa Thailand yang menjelaskan mengenai Kebudayaan di Thailand. “Thailand merupakan Negara yang sangat menghormati Raja dan Ratunya. Zaman moderen seperti saat ini tidak membuat masyarakat Thailand melupakan kebudayaan yang telah ada, seperti mengucapkan salam jika bertemu orang lain dan juga ucapan terimakasih,” Ujar Suparom Mahasiswi Cola KKU, Thailand.

Mengucapkan salam dan terimakasih merupakan kewajiban bagi masyarakat Thailand jika bertemu orang lain. Hal ini dilakukan untuk menghormati dan menghargi orang lain. Jika melakukan sedikit saja kesalahan, maka mereka secara langsung mengucapkan maaf.

Salah satu Mahasiswa Thailand, Mintra, juga menjelaskan bahwa Thailand memiliki beberapa tradisi yang berbeda disetiap daerah. Tetapi Thailand memiliki perayaan yang diikuti oleh seluruh masyarakat secara bersamaan, seperti acara penerbangan roket yang diadakan setelah musim hujan dan dirayakan oleh seluruh masyarakat di Thailand.

Selain menjelaskan mengenai kebudayaan, Mahasiswa Thailand juga menjelaskan mengenai makanan Tradisional Thailand. Mintra mengakui bahwa makanan Thailand sangat berbeda dari segi rasa, tetapi dari segi bahan beberapa hampir sama dengan makanan di Thailand.

Setelah Mahasiswa Thailand menjelaskan megenai kebudayaan Thailand, sebanyak 5 mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM juga menjelaskan mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia.

“Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam suku, kebudayaan, bahasa, dan tradisi berbeda. Itulah yang membuat Indonesia menjadi negara yang menarik, meskipun berbeda-beda tetapi dapat disatukan dengan Pancasila.” Ujar Riko, Mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM.

Keberagaman budaya menjadikan Indonesia menjadi negara kaya dengan kebudayaan. Meskipun hidup dalam keberagaman, tetapi masyarakat tetap menghargai kebudayaan masyarakat lainnya. Mahasiswa IP UMM menjelaskan mengenai beberapa suku yang ada di Indonesia, seperti suku Jawa, suku Samawa, Suku Betawi dan juga kebudayaan di Kota,
“Kadang saya berpikir bahwa beberapa budaya antara Thailand dan Indonesia memiliki kesamaan, tetapi itu merupakan hal yang sangat menarik,” ujar Salahuddin Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan.

Mengetahui perbedaan dalam setiap kebudayaan di Indonesia menjadikan mahasiswa Thailand seolah tidak percaya bahwa Indonesia dapat hidup dalam kerukunan meskipun kebudayaan sangat berbeda. “Namun kenyataannya, bangsa Indonesia mampu merawat agar kebudayaan ini tetap terjaga, dan menjadi kewajiban bagi setiap masyarakat di Indonesia agar masyarakat tetap hidup dalam kerukunan,” pungkasnya. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.