Dampingi Karang Taruna dan PKK Desa Kebangsaan, UM Gelar Pelatihan Kewirausahaan

0
62
Dosen UM bersama PKK membuat cinderamata di desa Kebangsaan (dok:red)

Oknews.co.id, Situbondo – Sri Untari, dosen Prodi PPKn, dan Yusuf Suharto prodi pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang, melakukan pendampingan pada Karang Taruna dan Kader PKK Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Pemberdayaan Elit Desa Dalam Mengembangkan Desa Wisata Berbasis Kemitraan Pemerintah-Swasta- Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Meningkatkan Spirit Kewirausahaan, Pelestarian Seni Dan Cagar Budaya Serta Kesejahteraan Masyarakat” Pada Sabtu (7/9/ 2019)

Kegiatan ini Bertempat di SDN 2 Wonorejo, sebanyak 20 anggota Karang taruna diberikan pelatihan cara membuat cinderamata, dengan keterampilan sablon, yang menjadi narasumber dan pelatih kegiatan ini adalah Deryan, mahasiswa UM yang sukses sebagai pengusaha muda sablon di Kota Malang.

Sedangkan 20 kader PKK dilatih sendiri oleh Sri Untari ketua Tim pengabdian dengan membuat vas bunga, tempat tissu dari koran bekas. Tujuan pendampingan ini adalah memeberikan wawasan tentang peran cinderamata dalam mengembangkan Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo; dan mengembangkan spirit kewirausahaan.

Kegiatan pendampingan dibuka oleh kepala Desa Sumarto Adi, disaksikan oleh para pamong desa. Kegiatan ini disambut antusias oleh para peserta, sehingga tidak terasa kegiatan pendampingan sampai jam 2 malam. Target utama adalah keterampilan membuat cinderamata sederhana, namun menarik dan menjadi komoditas bernilai ekonomis yang dapat dipasarkan tidak saja di Desa kebangsaan Wonorejo, namun juga Taman nasional Baluran.

Dalam kegiatan itu juga dijajaki pihak swasta yang dihadiri yaitu Tri pengelola kantin, showroom, galery taman nasional Baluran, Ia berjanji jika para pemuda sudah dapat memproduksi cinderamata, beliau siap untuk memasarkan. Ia mengatakan ”selama ini saya cari dari luar bu, jika nanti adik-adik pemuda sini bisa membuat produk secara baik, saya akan pasarkan di galery” ujarnya.

Kegiatan ini sekalipun merupakan pelatihan dasar namun sudah dapat memotivasi peserta. Sebagaimana dikemukakan oleh salah satu peserta pelatihan M Ali Wafa “pelatihan ini sangat berarti bagi kami, karena dapat memberi pengalaman untuk berkarya, teman-teman sangat antusia mengikuti, apalagi Tri dari Taman Baluran sudah menyatakan akan menampung dan memasarkan produksi cinderamata kami, saya senang dan bertemima kasih, berkesempatan ikut pelatihan ini” pungkasnya.

Dari pihak PKK menyatakan “ pelatihan ini menyenangkan dan bermanfaat, ternyata dengan menggunakan koran bekas kita dapat membuat kerajinan yang unik seperti penjalin, kalau ini ditlateni yang menghasilkan uang. Terima kasih pada tim dari UM atas kesempatan ini, mudah2an ke depan masih bersedia mendampingi kami membuat karya artistik lain” ujar Tias dan Susiani

Kepada dusun Pandean Selamet, sebelumnya merupakan Ketua Karang Taruna menuturkan “saya mengapreasiasi bu sri untari dan pak yusuf suharto, dosen UM atas kepeduliannya pada desa kami, dan berusaha mendorong PKK dan karang Taruna untuk terus berkiprah, mengembangkan desa Kebangsaan Wonorejo ini. Saya menilai semangat pemuda dan wanita sangat tinggi sampai-sampai pelatihan berlangsung jam 2 pagi” jelasnya.

Ketua Tim pengabdian sri Untari menyatakan bahwa “apa yang kami lakukan ini, sebagai wujud dari nota kesepahaman yang telah dibuat oleh mahasiswa kami Wantoro, Mery,dan Ikrima yang melaksanakan PKM-M di sini, semoga sedikit yang kami sumbangsihkan ini benar-benar bermanfaat bagi desa Kebangsaan Wonorejo. Mudah-mudahan kedepan menjadi desa wisata mandiri dan berkelanjutan” Harapnya.

Pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan menjadi modal sosial bagi elit desa dalam mengembangkan komitmen mewujudkan Desa Wisata Kebangsaan, yang mampu menarik minat turis dan mengembangkan masyarakat untuk terus karya sehingga akaan meningkatkan kesejahteraan bersama.

Penulis : Aliyah Ardhana Riswari
(Mahasiswa Psikologi UM, Assisten Research Tim PKM UM)

(DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.