Dari Pantai Ngliyep, Gebrakan Promoter Polres Malang Melalui Giat Asistensi Bhabinkamtibmas Solidkan Keamanan Kabupaten Malang

0
625

Oknews.co.id, Malang – Malang, Dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat terutama pengamanan dan keamanan 24 jam nonstop, jajaran Polres Malang adakan Sosialisasi Giat Bhabinkamtibmas pada Rabu (26/4/2017) jam 08.00 WIB sampai dengan 15.30 WIB yang bertempat di pendopo pantai Ngliyep Kedungsalam Donomulyo.

Menurut Kasat Binmas Polres Malang AKP Ainun Djariyah SH bahwa, “Pelaksanaan Giat asistensi Bhabinkamtibmas ini dalam rangka peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Malang Rayon Pagak”, ujarnya saat dikonfirmasi tadi (Rabu, 26/4) sore.

Rangkaian kegiatan Asistensi Bhabinkamtibmas meliputi, Pembukaan, Menyanyikan lagu Indonesia raya, Doa oleh Bripka Masimin (Bhabinkamtibmas Polsek Pagak), dan Sambutan (Kanit Binmas Donomulyo), Aiptu M Arif K yang mewakili Kapolsek Donomulyo AKP H Sardikan SE.SH. berhalangan hadir.

Dalam sambutannya Aiptu Arif mengucapkan banyak terimakasih dan menyampaikan bahwa, “Agar Bhabin ikut membantu mencari tahanan yg kabur, agar anggota Bhabinkamtibmas mengikuti giat asistensi bhabinkamtibmas dengan ihklas dan sungguh-sungguh”, ujarnya kepada jajaran Polres dan Polsek yang hadir.

Kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh Kasat Binmas, AKP Ainun Jariyah SH. Dalam penyampaiannya AKP Ainun mengatakan bahwa, “Kegiatan sambang tokoh atau Door to Door System agar diutamakan dalam rangka penggalangan untuk mencari informasi tahanan yang kabur beberapa hari lalu”, tuturnya sambil mengingatkan.

Selanjutnya AKP Ainun juga menghimbau kepada jajarannya untuk selalu sesuai prosedur tetap (protap) di kepolisian, “SOP kamtibmas tentang kepangkatan didesuaikan dengan situasi dan kondisi serta kebijakan pimpinan dan menggunakan pakaian yang humanis”, ingatnya.

“Dan untuk keamanan lingkungan meliputi pembinaan keamanan swakarsa, satpam, dan sebagainya bertanggung jawab terhadap intansi yg menggunakannya”, lanjutnya AKP Ainun sambil mengingatkan untuk pemberdayaan masyarakat dalam rangka keamanan lingkungan.

Masih menurut AKP Ainun bahwa, “Bhabinkamtibmas harus paham dan mengerti karakter desa binaannya, karakteristik desa dan tertuang dalam laporan informasi. Terakhir tentang rehabilitasi pengguna narkoba sebagai bekal anggota Bhabin untuk pembinaan dan penyuluhan di mayarakat maupun disekolah”, pungkasnya.

Dalam giat asistensi Bhabinkamtibmas Polres Malang ini dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Malang, AKP Ainun Jariyah SH, KBO Sat Binmas Polres Malang Iptu Supriadi SH, Kanit Polmas Polres Malang Aiptu Gandi Suko Purwanto SH, semua Kanit Binmas Rayon Pagak, dan perwakilan 3 anggota Bhabinkamtibmas Rayon Pagak.

Menurut Aiptu Gandi Suko Purwanto SH kegiatan ini dilakukan, “Agar para Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) menjadi Profesional Modern dan lebih dipercaya oleh Masyarakat sesuai Program Kapolri PROMOTER (Profesional Modern Terpercaya )”, ujarnya.

“Selain itu kami juga ada kegiatan santai makan bersama rekan-rekan Bhabinkamtibmas untuk meningkatkan jalinan emosional juga kemampuan Bhabinkamtibmas sebagaimana tugas pokok dan fungsi yang harus diemban ditengah masyarakat didesanya, terutama dalam rangka jelang pelaksanaan pilkades serentak di wilayah kabupaten malang, 30 april 2017 mendatang”, jelas Gandi sambil memaparkan proses pengamanan Pilkades serentak di Malang.⁠⁠⁠⁠ (Izuddin/haka)