Datangkan Penulis Buku Terkenal, UMM Ajak Siswa Jadi Penulis

0
318
Lucia Priandarini (@rinilucia) penulis buku Dua Garis Biru (dok:red)

Oknews.co.id, Malang – Kemampuan menulis adalah salah satu kemampuan berbahasa atau literasi yang bersifat produktif. Ketika menulis, dituntut sekreatif mungkin agar tulisan dapat menarik minat pembaca. Dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional, mahasiswa Praktikum II Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan kegiatan workshop kepenulisan yang berjudul “Belajar Menjadi Penulis” pada Sabtu, (7/9/2019).

Adapun pengisi acara tersebut yaitu Lucia Priandarini (@rinilucia) atau yang akrab dipanggil Kak Rini penulis buku terkenal, diantaranya Episode Hujan, 11.11 dan yang terbaru yaitu Dua Garis Biru dimana filmnya menjadi trending topic di Sosial Media.

Suasana workshop kepenulisan (dok:red)

Dalam wawancara, Kak Rini juga mengungkapkan bahwa “Workshop Kepenulisan ini menjadi gambaran untuk kaum muda dijaman sekarang, yang mana dapat mengasah skill bukan hanya dari sisi akademis saja” Ujarnya

“Apalagi pada dunia sekolah, sangat dibutuhkan praktisi yang memberi motivasi pada siswa-siswinya. Harapannya dari acara ini semoga dapat berkelanjutan serta melahirkan penulis-penulis terkenal dari Malang”, Tambah Kak Rini selaku pemateri.

Kak Rini sedang memberikan penjelasan mengenai kepenulisan (dok:red)

Kegiatan ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Ahmad Yani Jabung atas tujuan untuk meningkatkan minat baca dan menulis pada siswa-siswi itu sendiri, serta merupakan salah satu bentuk branding MA Ahmad Yani kepada masyarakat luas.

“Banyak sekali pembelajaran yang saya dapat dari kegiatan workshop kepenulisan ini, karena dengan belajar menulis kedepannya anak-anak terbantu dan tercerahkan untuk kelancaran himpunan yang telah ada di sekolah. Terutama pada HSP(Himpunan Siswa Penulis) dapat menjadi dukungan tersendiri kegiatan-kegiatan setelah ini, seperti halnya pembuatan isi mading maupun buletin sekolah”, kata Intan salah satu siswi MA Ahmad Yani.

Kak Rini foto bersama dengan Siswa MA Ahmad Yani (dok:red)

Acara ini dapat terselenggara atas kerjasama dengan GBLN (Gubuk Baca Lentera Negeri) dan merupakan program dari Kampung Berseri Astra (Corporate Social Responsibility Astra).

Ketua pelaksana kegiatan mengakatan “Kami Mahasiswa Praktikum II Kesejahteraan Sosial UMM dengan tujuan branding serta pemberdayaan komunitas yang diselenggrakan di GBLN (Gubuk Baca Lentera Negeri) desa Sukolilo kecamatan Jabung, di mana kami membangun kerja sama dengan pihak GBLN demi kelancaran kegiatan workshop kepenulisan ini”pungkasnya

Selanjutnya ” Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya di hadiri oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah Ahmad Yani saja, namun juga diikuti oleh pengasuh gubuk-gubuk baca yang ada didesa Sukolilo dan sekitarnya. Dengan harapan, kegiatan ini dapat menjadi wadah pembelajaran literasi khususnya menulis bagi siswa-siswi Madrasah Aliyah Ahmad Yani serta gubuk-gubuk baca yang berada di desa Sukolilo dan sekitarnya” Harapnya.

By : Kelompok 5 Praktikum II Kesejahteraan Sosial (GBLN)
(rft/DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.