Dewasa dan Kematangan, inilah Lima Tandanya

0
58

Oleh: Uzlifah

Seringkali kita terlalu merendahkan diri. Bahkan kadang kita tak sadar bahwa sebenarnya saat ini sudah lebih dewasa dari sebelumnya. Coba cek tanda-tanda berikut ini. Kalau tanda-tanda ini kita rasakan, maka kita bisa menyimpulkan bahwa kita lebih dewasa dan matang,

1. Tidak Gampang Panik Menghadapi Perubahan

Usia makin bertambah. Ada hal-hal yang berubah dalam hidup kita. Bila semua perubahan yang ada bisa kita terima dan jalani dengan baik, maka tak ada hal yang perlu terlalu dikhawatirkan lagi. Tahun ini mungkin ada banyak pembelajaran yang bisa kita ambil. Jika saat ini kita sudah tidak terlalu gampang panik menghadapi perubahan, ini bisa jadi tanda bahwa kita sudah bisa lebih dewasa menjalani kenyataan yang ada.

2. Sudah Berani Membuat Pilihan dan Bertanggung Jawab

Ada pilihan-pilihan baru yang kita buat tahun ini. Ada pilihan yang bagus. Tapi ada juga pilihan yang buruk. Saat kita sudah berani membuat pilihan dan berani bertanggung jawab dengan semua risiko dan konsekuensi yang ada, maka kita sudah lebih dewasa dari sebelumnya. Kita sudah tahu arah yang ingin kita tuju dalam hidup. Kita pun sudah tidak lagi lari dari semua risko dan tanggung jawab yang ada.

3. Tak Lagi Membesar-besarkan Masalah

Setiap masalah yang ada langsung kita hadapi dan cari jalan keluarnya. Tak lagi ada yang namanya drama atau membesar-besarkan masalah yang sebenarnya sangat sepele. Kita sudah lebih berani bersikap atau mengambil sikap dari setiap situasi yang ada. Ada proses pendewasaan dalam berpikir yang sudah kita dapatkan di sini.

4. Bisa Mengambil Sisi Positif dari Berbagai Situasi yang Ada

Dulu kita mudah sekali berpikiran negatif. Tapi setahun belakangan ini kita sudah lebih mudah mengambil sisi positif dari setiap situasi yang ada. Sehingga hari-hari yang kita jalani pun terasa lebih tenang dan damai. Tak lagi dibuat stres dan gelisah dengan hal-hal buruk yang terjadi.

5. Saat Melakukan Kesalahan, Berani Minta Maaf dan Memperbaiki Diri

Tak lagi egois dengan selalu mencari kambing hitam dari setiap permasalahan yang ada. Tiap kali melakukan kesalahan, kita akan berani meminta maaf. Memaafkan diri sendiri dan juga meminta maaf pada orang atau pihak yang telah kita rugikan. Setelah itu kita berusaha keras memperbaiki diri. Setiap kesalahan jadi proses pembelajaran yang membentuk kita jadi pribadi yang lebih dewasa.

Proses untuk terus tumbuh dan jadi pribadi yang lebih dewasa tak akan berhenti pada satu titik. Semoga ke depannya kita bisa makin lebih baik lagi, ya. Tingkatkan lagi hal-hal positif yang sudah kita lakukan hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.