Dihadapan 640 Kader Pramuka, Eksan : Jangan Jadi Generasi Strawberry

0
1825

Oknews.co.id, Jember- Anggota Komisi E DPRD Jatim, Moch Eksan mengingatkan agar kader pramuka senantiasa menjadi generasi yang tangguh dan berakhlakul karimah bukan menjadi generasi yang lemah atau yang beliau istilahkan dengan generasi strawberry.

Pesan itu disampaikan dihadapan 640 kader pramuka penggalang saat menjadi pembina upacara dalam acara penutupan Perkemahan Antar Madrasah (Pekan Madaris) tahun 2017 Se-Jember Timur yang meliputi Kecamatan Silo, Ledokombok, Mayang, Pakusari, Mumbul Sari, dan Kalisat, di Lapangan Sumber Tengah, Desa Silo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kamis (21/09/2017).

“Kegiatan ini tentu akan memiliki kesan yang dalam, memiliki pesan yang panjang seperti perjalanan panjangnya hidup kita, ini tentu akan menjadi sejarah perjalanan hidup kita,” kata Eksan.

Eksan menambahkan, jumlah kader pramuka yang mencapai 21 juta lebih se Indonesia, harus menjadi generasi yang tangguh, yang berakhlakul karimah.

“Jangan sampai menjadi generasi strawberry,” tukas politisi asal Partai NasDdm ini. Generasi strawberry yang dimaksud adalah generasi yang lemah, tidak memiliki kekuatan, tidak tangguh menghadapi tantangan.

Apalagi, kata Eksan, tantangan generasi muda saat ini sangat berat. Paham radikalisme yang sudah menjalar di Indonesia, peredaran narkoba yang sangat membahayakan, sex bebas dan penyakit sosial lainnya. “Nah itu tergantung dari generasi hari ini, tergantung dari anak madrasah, anak pramuka, apakah kita akan menjadi solusi dari masalah,” tandas mantan Komisioner KPUD Jember ini.

Eksan mengharapkan, sebagai kader pramuka, maka harus menanamkan dan mengaplikasikan nilai-nilai yang ada dalam Dasa Darma Pramuka, mulai dari menjadi menjadi generasi yang bertaqwa kepada Tuhan YME, rela menolong, cinta kepada alam, bertnggungjawab dan nilai-nilai Dasa Darma lainnya.

Adapun kegiatan yang diselenggarakan Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKM) Kecamatan Silo yang diketuai Ketua Romli, S.Ag ini diselenggarakan selama tiga hari. ” Dengan tujuan menjalin silaturrhim antar madrasah serta peringatan 1 Muharrom,” ucap Ketua Panitia, Sopyan Sori, S.Pdi.

Sedang, Abdul Qhofur, S.Pdi, MG selaku Koordinator seksi kegiatan menambahkan bahwa selama kegiatan para peserta mendapatkan materi pembentukan karakter agar menjadi generasi yang berakhlakul karimah dan soal kepramukaan. (Rusman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.