Faktor Penting Pembentuk Akhlaq Anak

0
77
Ust. Uzlifah S,S selaku pemberi tausiyah kepada jama'ah tahlil Raudhatul Jannah di masjid Barokah

Oknews.co.id – Menyambung tali saturahmi merupakan suatu keharusan bagi setiap insan. Tidak hanya sebatas keluarga saja, tetapi juga dalam bermajelis. Itulah yang dilakukan oleh Ibu – Ibu jama’ah tahlil Raudhatul Jannah di masjid Barokah pada Ahad sore tanggal 31 maret.

Turut juga datang Ust. Uzlifah S,S selaku pemberi tausiyah. Sejalan dengan esensi silaturahmi, maka pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan tausiyah dengan tema “Kekuatan Persaudaraan Seiman”.

Iman merupakan aset berharga yang dimiliki oleh setiap manusia. Tanpa iman manusia tidak lain hanya sebagai gelas kosong. Tidak berfungsi jika tidak terisi air. Dengan kekuatan iman pula kemuliaan hidup akan tercapai.

“ Seperti sabda Rasulullah yaitu Jadidul Imanakum. Selalu perbaiki iman kita. Karena hati selalu di bolak – balik oleh iblis. Jangan lupa selalu berdo’a pada Allah, agar hati kita senantiasa diteguhkan di dalam agama-Nya”, ajak beliau.

Kekuatan iman, tidak hanya didapat dari diri sendiri, tetapi perlu ada peran orang lain, terutama kedua orang tua. Iman seseorang terbentuk karena pembelajaran yang diberikan oleh orang tuanya. Apa yang diajarkan itulah, yang akan membentuk karakter anak. Dalam surah Luqman sudah dijelaskan bagaimana cara mendidik anak sesuai ajaran Islam. Maka dari itulah, setiap orang tua terutama ibu diwajibkan untuk menjadi orang tua yang berilmu, cerdas, tangguh serta berakhlaq.

Selain itu, pembentuk watak anak – anak juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga utamanya, lingkungan masyarakat serta lingkungan sekolah. Untuk itulah sebagai orang tua harus bisa memilihkan lingkungan sekolah yang baik bagi anak. Awasi pergaulan anak agar tidak terkontaminasi dengan hal – hal yang tidak baik.

“Be smart mother, ya bunda. Ibu – ibu yang berilmu sudah pasti bisa mendidik anak – anaknya dengan baik sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Dengan begitu akan terbentuk generasi islam yang berakhlaqul karimah”, ujar ketua Majelis Dikdasmen PCA Klojen ini.
Dengan terbentuknya kader – kader generasi yang beriman, maka kekuatan islam akan semakin tangguh. Melalui ukhuwah islamiyah yang tetap terjalin inilah yang kemudian menjadikan kuatnya persaudaraan seiman. (Retno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.