Futsal Indonesi U-20 Tembus Semifinal Piala Asia, Joss

0
65

Oknews – Teheran, Jika melihat perjalanan panjang Timnas Futsal prestasi futsal bukan kebetulan belaka, apalagi berbau keberuntungan. Namun apabila melihat posisi futsal di antara olahraga nasional terutama di PSSI, pencapaian mereka cukup menjadi dobrakan sejarah.

Masih segar dalam ingatan, perjuangan dari FFI agar cabor futsal dipertandingkan di Asian Games 2018 lalu kandas. Futsal memang dianggap belum menjadi prioritas yang layak diajukan tuan rumah Indonesia karena peluangnya meraih medali amat tipis.

Timnas Futsal Indonesia U-20: Si Anak Tiri Pendobrak SejarahTimnas Futsal Indonesia berpeluang lolos ke final Piala Asia U-20. (Foto: AFC)

 

Posisinya berbeda dengan pencak silat. Meski belum pernah dipertandingkan di Olimpiade, cabor itu dinilai pendulang medali bagi tuan rumah Indonesia.Futsal terutama Timnas Futsal Indonesia sepanjang sejarah sejak organisasi itu diakui secara formal pada awal 2000-an, kerap dianaktirikan.

Beberapa kali organisasi itu juga mengalami pusaran konflik sejak 2009 silam. PSSI sendiri yang menaungi futsal hingga saat ini juga tidak serius membantu perkembangan futsal, terutama terkait prestasi Timnas Futsal Indonesia.

Ironisnya, prestasi mereka bisa dibilang lebih bagus dari Timnas sepak bola Indonesia. Timnas Futsal Indonesia pernah meraih juara Piala AFF 2010 di Vietnam.

Skuat arahan Roby Hartono sukses membantai Malaysia 5-0 pada laga final 11 Apri 2010. Indonesia sendiri lolos ke final setelah menghajar Filipina 4-0.

Bandingkan dengan Timnas Indonesia yang belum pernah meraih satu pun menyabet gelar Piala AFF sejak turnamen itu masih bernama Piala Tiger pada 1996.

Timnas Futsal Indonesia juga kerap berlangganan tampil di pentas Piala Asia sejak 2002. Dari 11 edisi di tahun tersebut, Merah Putih sudah sembilan kali tampil di putaran final turnamen itu.Prestasi Timnas Futsal U-20 juga tak kalah membanggakan dari skuat senior mereka saat ini dengan tembus ke semifinal Piala Asia U-20 untuk kali pertama. Padahal, perjuangan mereka sejak fase grup hingga perempat final tidak terlalu mendapat atensi besar selama ini.

Meski sudah mendobrak sejarah, Ahmad Habibie dan kawan-kawan berpotensi mencetak prestasi yang lebih hebat: ke final Piala Asia U-20

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.