GEMAPEDIA, Dobrak Berantas Buta Huruf Dan Buta Aksara Dengan Calistung

0
101

Oknews.co.id, Malang – Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) Universitas Negeri Malang hadir kembali pada kegiatan Goes To Lapas. Kali ini bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Malang. Tepatnya di Jl. Kebonsari, Sukun, Kota Malang.
Rabu, (13/2/2019)  hari pertama aksi memberantas buta huruf dan buta aksara di Lapas Perempuan Sukun. Pemberian pengajaran membaca menulis menghitung (Calistung) dilatarbelakangi oleh belum bisanya para napi untuk membaca, menulis, berhitung. Kegiatan diawali sekitar pukul 10.00 WIB, dengan diantar oleh petugas Lapas Perempuan dan selanjutnya para volunteer dipersilakan memasuki ruangan belajar.
Pengajaran yang diberikan adalah kejar paket A (SD) dan Calistung (membaca, menulis dan berhitung). Calistung diperuntukkan bagi ibu-ibu yang ingin belajar membaca. Kegiatan pengajaran dilakukan dengan telaten dan sabar, sehingga para napi antusias untuk belajar. Pendekatan layaknya anak kepada ibu, itulah yang diterapkan oleh volunteer GEMAPEDIA saat memberikan pengajaran.
Tidak ada kendala yang dirasakan para volunteer, bahkan terlihat sangat nyaman ketika bercengkrama memberikan sedikit ilmu. “Saya suka dunia belajar, dan saya ingin memberantas buta huruf dan buta aksara tanpa melihat siapa yang ingin belajar” tutur Ibu Atik, sebagai salah satu pengajar di Lapas Wanita Sukun.
Kegiatan diakhiri pukul 12.00 WIB, ketika adzan Dhuhur berkumandang. Salam, cium, dan peluk menjadi akhir perjumpaan di hari Rabu ini. Sopan santun dan saling menghargai juga menghiasi akhir perjumpaan. Harapan kedepan semoga dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi anak bangsa, bahwa belajar tidak mengenal usia. Ayo dobrak buta huruf dan buta aksara. Tetap bangga mendidik, mengabdi, dan menginspirasi anak bangsa !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.