Go Internasional ala SMAMDA Sidoarjo, Luar biasa

0
295

Oknews.co.id – SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo, Jawa Timur memperkuat pembelajaran bahasa asing kepada siswanya dengan menghadirkan narasumber dari luar negeri.

Kepala Sekolah Smamda Sidoarjo, Wigatiningsih, Senin mengatakan, pihaknya ingin memberikan seluas-luasnya kepada siswa terutama bagi mereka yang melanjutkan pendidikan keluar negeri setelah mereka lulus nanti.

“Saat ini terdapat sejumlah siswa yang melanjutkan pendidikan keluar negeri usai mereka lulus dari sekolah ini, dan mereka itu memerlukan kemampuan berbahasa asing dan juga tips untuk menghadapi rintangan hidup saat berada di negeri orang,” katanya saat dikonfirmasi di Sidoarjo.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan kali ini pihaknya menghadirkan seorang pemateri bernama Dennies Van Dijk yang berasal dari belanda dan kebetulan sedang berada di Indonesia.

“Kebetulan ada rekan guru kami yang memiliki teman dari Belanda dan sedang berkunjung ke Indonesia, dan orang tersebut bisa membantu siswa untuk sharing pengalamannya bagaimana hidup di negeri orang serta melatih kemampuan berbahasa mereka,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pada tahun 2016 lalu terdapat enam orang siswanya yang lulus dan kemudian melanjutkan studinya keluar negeri.

“Begitu pula pada tahun ini juga ada sekitar 10 orang siswa yang lulus dan selanjutnya studinya keluar negeri, bahkan ada beberapa di antaranya yang mendapatkan beasiswa penuh dari luar negeri,” ujarnya.

Ia menjelaskan, semakin meningkatnya jumlah siswa yang melanjutkan studi keluar negeri membuktikan jika pihaknya layak untuk menjalin kerja sama dengan berbagai universitas di luar negeri.

“Kami akan terus melakukan perluasan kerja sama dengan universitas asing supaya para siswa kami bisa melanjutkan studi mereka ke tempat yang lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Saidah salah seorang siswa kelas 12 mengaku senang dengan adanya kegiatan itu karena bisa menggali lebih jauh sisi-sisi cara hidup di luar negeri.

“Yang paling penting adalah bagaimana cara berkomunikasi dengan baik kepada orang lain,” ujarnya.(HK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.