Gunung gunung bersejarah jadi Agenda Rutin Jamaah Haji

0
36

Oknews.co.id, Mekkah –

RT

Pegunungan adalah salah satu destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi. Diantaranya yang paling sering dikunjungi adalah pegunungan di Mekkah dan Madinah. Gak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah dan menakjubkan, gunung di dua kota suci ini juga lekat dengan sejarah Islam.

Anda yang sudah mulai mencari biro perjalanan umroh, harus kenal dulu nih sama 4 gunung di tanah suci yang wajib dikunjungi. Tidak hanya info dasar mengenai umroh, tips umroh, umroh plus turki, dan umroh plus Aqso, ada beberapa destinasi yang menarik dan juga memiliki sejarah yang penting dalam agama Islam. Penasaran apa saja? Yuk kita simak beberapa destinasi di bawah ini.

Jabal Uhud

Jabal Uhud merupakan destinasi yang wajib Anda kunjungi saat berada di Madinah. Nama Jabal Uhud sendiri bermakna gunung yang menyendiri. Faktanya, sebagian besar gunung di Madinah saling tersambung satu sama lain. Berbeda dengan Jabal Uhud yang terletak terpisah dari yang lainnya.

Nama Jabal Uhud sendiri mungkin sudah sering Anda dengar dari kisah Penyerangan Uhud yang dialami oleh umat Islam pada tahun 625. Pada saat itu, setidaknya ada 70 orang yang meninggal ketika berperang di jalan Allah. Oleh karenanya saat berada di sini nanti, Anda bisa sekalian ziarah ke makam para syuhada (mereka yang mati syahid di jalan Allah).

Tak seperti gunung atau bukit lainnya di Kota Madinah, Jabal Uhud memiliki keistimewaan tersendiri. Bahkan Jabal Uhud adalah salah satu bukit yang dijanjikan kelak ada di surga. “Jika kita hendak melihat bukit yang terdapat di surga, maka ziarahlah ke Bukit Uhud. Nabi SAW bersabda, ‘Bukit Uhud ialah salah satu dari bukit-bukit yang terdapat di surga’,” demikian hadis yang diriwayatkan HR Bukhari.

Bukit Uhud atau Jabal Uhud adalah sebuah bukit yang berjarak 5 kilometer di sebelah utara Kota Madinah dengan perkiraan ketinggiannya sekitar 1.077 meter di atas permukaan laut. Bukit ini terkenal bagi umat Islam karena di lembah gunung ini pernah terjadi pertempuran besar antara pejuang Islam dan kaum kafir Quraisy pada 15 Syawal 3 Hijriah (Maret 625 Masehi) yang mengakibatkan 70 pejuang Islam mati secara syahid.

Jabal Nur

Masih ingatkah Anda dengan wahyu pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW? Ya, saat itu turun wahyu pertama Allah SWT yaitu surat Al Alaq 1 – 5. Peristiwa ini terjadi di Gua Hira, yaitu tempat bersembunyi Rasulullah SAW yang berada di Jabal Nur.

Jabal Nur terletak 7 kilometer dari Masjidil Haram. Menjadi saksi dari titik awal kenabian Rasulullah SAW, Jabal Nur selalu dibanjiri oleh jemaah dari seluruh dunia. Terlebih saat musim haji. Para jemaahpun rela mendaki sekitar 1 jam untuk sampai puncak gunung ini. Apalagi sesampainya di atas, pemandangan kota Mekkah akan terlihat sangat menakjubkan, Anda wajib mencobanya.

Dicatut dari situs Islamic Landmarks, kata ‘Nur’ pada nama gunung ini memiliki arti cahaya. Bukan cahaya hanya dalam arti kata sesungguhnya, cahaya yang dimaksud disini yaitu punya arti sebagai tempat pertama kali Nabi Muhammad menerima wahyu dari Allah.

Rupanya, Nabi Muhammad sudah sejak lama suka datang ke Gua Hira untuk menyendiri. Nabi Muhammad sering menenangkan pikiran di dalam gua tersebut, hingga suatu hari wahyu tersebut turun melalui malaikat Jibril. Setelah wahyu pertama turun, lalu Rasulullah salallahu alaihi salam melalui serangkaian proses panjang menjadi nabi dan rasul hingga Isra dan Miraj.

Tak heran, umat Muslim menyebut gunung tersebut dengan sebutan Jabal Nur atau gunung yang bercahaya. Turunnya wahyu dari Allah ke Nabi Muhammad, adalah titik awal cahaya Islam yang terus menerus benderang hingga kini.

Jabal Rahmah

Jika ada sebuah tempat paling romantis di seluruh dunia, mungkin itu adalah Jabal Rahmah. Kenapa begitu? Karena di sinilah Nabi Adam AS dan Siti Hawa pertama kali dipertemukan. Di sini juga terdapat sebuah tugu beton persegi empat yang mempunyai tinggi 8 meter. Tugu ini dipercaya sebagai tempat utama pertemuan Nabi Adam AS dan Siti Hawa. Banyak yang percaya, jika berdoa minta jodoh di Jabal Rahmah maka permintaannya cepat dikabulkan. Selain itu, sejarah dan pemandangan yang terlihat dari Jabal Rahmah sudah mampu mencuri perhatian jamaah haji.

Terletak di tepi dari Padang Arafah, Jabal Rahmah termasuk bukit yang tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya hanya 70 meter, sehingga untuk mencapai puncaknya hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja.

Salah satu keistimewaan lain di Jabal Rahmah adalah di tempat ini Rasulullah SAW mendapatkan wahyu terakhirnya dari Allah SWT saat melakukan wukuf, yaitu turunnya surat Al Ma’idah ayat 3.

Jabal Tsur

Jabal Tsur merupakan gunung yang pernah didaki oleh Rasulullah SAW bersama Abu Bakar Ash-shiddiq saat bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy yang hendak membunuhnya. Di dalam Gua Tsur, keduanya bersembunyi selama kurang lebih 3 hari. Setelah lepas dari kejaran kaum Quraisy, barulah Nabi Muhammad SAW dan Sahabat Abu Bakar melanjutkan perjalanan menuju kota Yatsrib atau yang saat ini kita ketahui sebagai kota Madinah. Pertolongan Allah SWT kepada Rasulullah saat dikejar kaum Quraisy, akan muncul ketika sangat dibutuhkan. Saat kaum Quraisy tiba di depan gua, secara ajaib terdapat sarang laba-laba yang menutup mulut gua, juga sarang burung merpati. Dalam waktu yang sangat singkat, makhluk-makhluk Allah ini berusaha melindungi Rasulullah dengan membuat sarang besar yang biasanya harus dibuat dalam waktu yang lama.

Ketika memandang lepas di Kota Mekkah, terlihat beberapa bukit batu. Di antara dataran tinggi bebatuan tersebut, tepatnya jika memandang ke arah selatan, ada bukit yang menjadi saksi sejarah keajaiban yang diberikan Allah SWT kepada Rasulullah sallalahu alaihi wasallam. Bukit tersebut adalah Jabal Tsur.

Letak gunung ini ada di sebelah selatan dari kota Mekkah. Untuk mencapai puncaknya, Anda membutuhkan waktu 1,5 hingga 2 jam. Jadi untuk naik turun gunung ini kurang lebih bisa Anda lakukan dalam waktu 4 jam.

Anda bisa mempergunakan saat setelah sholat subuh untuk berkunjung ke gunung ini. Pastikan juga Anda menggunakan pakaian yang menyerap keringat. Karena nantinya pada siang hari pasti akan terasa sangat panas jika Anda berpakaian terlalu tebal. Dan juga ada baiknya jika Anda membawa topi atau payung untuk menghindari panasnya matahari di sana. Oh ya, Anda gak perlu khawatir jika mengalami kelelahan. Di sini juga terdapat pos – pos yang disediakan untuk Anda beristirahat sejenak. Jadi jangan terlalu memaksakan diri dan selalu menjaga kondisi ya.

  1. Itulah keempat destinasi gunung yang dapat Anda kunjungi saat berangkat umroh maupun haji di tanah suci. Biasanya biro perjalanan umroh juga akan menyediakan muthawif / guide untuk memandu Anda mengetahui info terkait destinasi yang Anda tuju. Mau banget kan merasakan pengalaman dan napak tilas sejarah Rasulullah serta para nabi di gunung-gunung tersebut? Jadi tunggu apa lagi?

Penulis: Uzlifah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.