Hasil SNMPTN, Pelajar Seluruh Indonesia Tumplek Blek ke Jawa

0
423
https://itk.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Serba-Serbi-SNMPTN-2017.jpg

Oknews.co.id, Surabaya – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2017 telah diumumkan Rabu (26/4) mulai pukul 14.00. Pengumuman dapat diakses peserta melalui pengumuman.SNMPTN.ac.id.

Berdasar hasil seleksi, lulusan siswa SMA asal Jawa Timur masih mendominasi peserta yang lolos di perguruan tinggi negeri ternama di Surabaya. Universitas Airlangga menerima 1.865 calon mahasiswa baru (maba) melalui jalur SNMPTN.

Mereka merupakan peserta terpilih dari 29.546 lulusan SMA berebut kursi untuk masuk Unair. Jumlah mahasiswa Bidikmisi yang diterima di Unair 319 calon mahasiswa. Wakil Rektor I Unair Prof. Djoko Santoso, PhD, dr, SpPD, K-GH (FINASIM) mengapresiasi bagi para peserta yang berhasil lolos.

Pasalnya, persaingan dalam memperebutkan kursi di Unair sangat ketat. Terhitung, tingkat keketatan rata-rata seluruh program studi (prodi) adalah satu dibanding dua puluh. Artinya, setiap satu kursi di Unair diperebutkan oleh 20 pendaftar. “Saya mengucapkan selamat kepada adik-adik mahasiswa yang berhasil diterima di Unair. Hal ini buah kerja keras dalam melakukan persiapan,” tutur Djoko, Rabu (26/4) Djoko mengatakan, calon maba Unair lewat SNMPTN didominasi oleh pendaftar dari Pulau Jawa.

Dari 1.865 orang yang berhasil diterima, sebanyak 1.644 orang berasal dari Jawa, sementara 221 lainnya dari luar Jawa. Dari 1.644 orang tersebut, Jawa Timur masih mendominasi dengan angka 1.515, sementara luar Jatim sebanyak 349 orang.

Meski didominasi oleh Jatim, calon maba Unair berasal dari 35 provinsi di Indonesia. Artinya, persebaran calon mahasiswa baru Unair meluas ke seluruh provinsi di Indonesia. (NH/Arya)