Hikmah Dengan Adanya Perayaan Maulid Nabi

0
35

Oknews.co.id – Malang, 17 November 2019. Maulid Nabi Muhammad menjadi tema yang diangkat dalam kajian ahad pagi kali ini, yang terlaksana di Masjid Al-Ashri Gading asri, Klojen, Kota Malang. Dengan pemateri Ust Dr.H. Umar Qushayyin.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw selalu kita rayakan di setiap tanggal kelahiran beliau, yakni di setiap tanggal 12 Rabiul awal. Mungkin di daerah lain, yang paling ditonjolkan dalam peringatan tersebut adalah adat tasyakurannya, seperti kirab keliling, kreasi tumpengan dll. “namun bukan itu yang selalu diutamakan, hal itu hanya pemanis saja”. Ucap ust.umar dalam sela tausiyahnya.

“Sebagai warga Muhammadiyah, kita harus lebih cerdas dalam memahami arti dari Maulid Nabi itu sendiri”. Tambahnya.

Kemudian beliau menjelaskan, bahwa setidaknya terwujud beberapa hikmah-hikmah dari perayaan Maulid Nabi, antara lain:

  • Mendorong umat muslim untuk mau dan rutin membaca sholawat baik secara bersama-sama ataupun sendiri. Sebagaimana diperintahkan oleh Alloh ta’ala: “sesungguhnya Alloh dan para malaikat Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman , bersholawatlah kalian untuknya dan ucapkan salam sejahtera kepadanya. (Qs. AL- Ahzab:56).
  • Ikut meneladani perilaku dan perbuatan mulia Rasulullah saw dalam setiap gerak kehidupan kita. Bisa dimulai dari hal yang paling kecil hingga paling besar, dan dari kehidupan duniawi hingga kehidupan di akhirat.
  • Melestarikan ajaran dan misi perjuangan Rasulullah.

“Hal ini sama dengan jihad fii sabilillah, berjuang dijalan Alloh demi memperjuangkan agama Alloh. Namun tidak dengan perang seperti jaman Rasulullah, yakni dengan berdakwah”. Tegas beliau dalam akhir dari inti tausiyahnya. (Arofah)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.