Immawan Wahyudi: Terdapat Jiwa Kepeloporan di Tubuh IPM Gunungkidul

0
223

Oknews.co.id – GUNUNGKIDUL, Di tengah pandemi covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia selama kurang lebih tujuh bulan ini, aktivitas organisasi juga ikut terdampak layaknya aktivitas makro lainnya, seperti ekonomi dan kesehatan, dan salah satu organisasi yang terdampak dan cakap dalam merespon pandemi kali ini adalah Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Bekerjasama dengan Muhammadiyah Covid Command Center (MCCC), IPM sebagai salah satu ortom besar yang dimiliki oleh Muhammadiyah memiliki peran nyata dalam aksi Muhammadiyah menanggapi efek pandemi kali ini, khususnya di bidang edukasi terhadap pelajar Muhammadiyah.

Aksi nyata tersebut baru-baru ini ditunjukkan oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Gunungkidul (PD IPM Gunungkidul).  Melalui kolaborasinya bersama MCCC dan empat Pimpinan Cabang IPM yang terdapat di Gunungkidul, PD IPM Gunungkidul mencoba menjadi pelopor dalam edukasi protokol diskusi luring. PD IPM Gunungkidul menggandeng MCCC Gunungkidul dan Dr. H. Immawan Wahyudi yang juga merupakan Ketua Pelaksana Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gunungkidul serta Wakil Bupati Gunungkidul, dengan mengadakan roadshow ke empat PC IPM di Gunungkidul, yaitu di PC IPM Playen pada tanggal 11 September 2020, kemudian lanjut di PC IPM Wonosari pada tanggal 15 September 2020, lalu di PC IPM Semin pada tanggal 18 September 2020 dan titik terakhir berada di PC IPM Ponjong pada tanggal 24 September 2020.

Acara yang semuanya dihadiri kurang lebih 30 peserta yang terdiri dari pengurus PC IPM dan siswa sekolah Muhammadiyah yang tergabung dalam setiap Pimpinan Ranting IPM di sekolahnya, dapat dibilang sukses. Immawan Wahyudi sebagai pendamping sekaligus pemateri benar-benar mengarahkan secara detail bagaimana mekanisme pengadaan acara luring di lingkungan IPM. Mulai dari mekanisme paparan perkembangan covid-19 di Gunungkidul, aturan physical distancing, kewajiban dan teknis penggunaan thermogun, masker hingga kiat-kiat mengadakan permusyawaratan luring dan hybrid. Hal ini dinilai baik oleh PD IPM Gunungkidul bagi kelangsungan aktivitas IPM di Gunungkidul. Sebagaimana komentar dari Ketua Umum PD IPM Gunungkidul, Ipmawan Ali. Ia berkomentar bahwa edukasi yang sinergis antara IPM, MCCC dan unsur pemerintah seperti ini harusnya dapat dilanjutkan ke depan. Ali juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya terhadap Bapak Immawan Wahyudi yang berkenan turun langsung ke lapangan untuk mendampingi IPM. Komentar Ali disambut baik juga oleh Immawan Wahyudi, beliau mengatakan bahwa, “Konsep sinergisitas seperti ini bagus, saya melihat terdapat jiwa kepeloporan di tubuh IPM Gunungkidul”.

Kontributor: Racha Julian C

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.