Indonesia – Azerbaijan Semakin Mesra

0
462
http://azertag.az/files/galleryphoto/2017/2/1000x669/14938116052164430134_1000x669.jpg

Oknews.cop.id, Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Daerah Oesman Sapta Odang menerima kunjungan Duta Besar Azerbaijan Tamerlan Karayev di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (3/5). Kedatangan Tamerlan merupakan kunjungan balasan atas lawatan pimpinan DPD ke Azerbaijan pada September 2016 lalu.

Tindak lanjut kunjungan itu adalah penerapan bebas visa kunjungan (BVK) bagi warga negara Indonesia yang berkunjung ke negeri bekas bagian Uni Soviet itu. Sedangkan Tamerlan dalam kesempatan itu meminta Indonesia untuk membuka jalur penerbangan ke negaranya.

Tamerlan bahkan meminta dukungan Oso selaku ketua DPD terkait pengembangan kerja sama pariwisata di negaranya. “Azerbaijan mempunyai pariwisata yang sangat bagus untuk dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Penerbangan dapat dilakukan ke Baku, Azerbaijan,” katanya.

Tamerlan juga menggambarkan kerja sama penerbangan tersebut dapat dilakukan seperti halnya negara Turki. Biasanya ada paket umrah plus dengan memasukkan Turki sebagai tambahan destinasi.

Menurut Tamerlan, Azerbaijan juga bisa menjadi destinasi dalam paket umrah plus. Sebab, di Azerbaijan ada gua Ashabul Kahfi yang diriwayatkan dalam Alquran.

Selain itu, Tamerlan juga mengajak Oso hadir dalam penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara Indonesia dengan Azerbaijan di Bali bulan ini.

Menanggapi hal itu, Oso pun menyatakan kesiapannya untuk mendukung kerja sama antara Indonesia dengan Azerbaijan. Senator asal Kalimantan Barat itu juga akan membantu dalam upaya pembukaan jalur penerbangan menuju Azerbaijan.

Terkait agenda penandatanganan MoU di Bali, Oso akan mengupayakan kedatangannya dengan melihat jadwal kegiatannya terlebih dahulu.(HK/Ahsan)