Inilah Harapan Bimtek Guru Sasaran Pelaksanaan Kurikulum 2013

0
2757

Oknews.co.id, Blitar – Kita sebagai seorang guru selayaknya memberikan kesan pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa. Tujuan kita bukanlah memintarkan siswa, namun membuat siswa mampu memahami lingkungan dan menyelesaikan masalah dalam masyarakat. Pernyataan tersebut disampaikan oleh instruktur Bimbingan Teknis, Dra.Tety Rooslina, M.Pd selasa (23/5/2017). Selain itu juga disampaikan bahwa, Kurikulum 2013 ini merupakan kelajutan dari Kurikulum 2006 (KTSP). Diharapkan dengan mengikuti Bimtek ini guru dapat mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran.

Budaya literasi yang digalakkan pada Kurikulum 2013 ini diharapkan akan mencetak generasai yang sadar akan lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, peran pendidikan bukan hanya di tangan pendidik namun keluarga dan masyarakat. Namun peran pokoknya tetaplah seorang pendidik atau guru. Lalu bagaimana harapan kita sebagai pendidik terhadap Kurikulum 2013, dan apakah muncul kekhwatiran dengan pelaksanaannya?

Dua pertanyaan itu terjawab, 62 peserta Bimtek Guru Sasaran Pelaksanaan Kurikulum 2013 Jenjang SMA Kabupaten Blitar. Instruktur Bimtek mengarahkan seluruh peserta untuk menuliskan harapan dan kekhawatiran mereka terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013 dengan cara menulis pada note warna-warni. Note merah untuk harapan dan note kuning kekhwatiran. Setelahnya, note-note tersebut ditempelkan sesuai mapel yang diampu masing-masing guru.

Nah ada beberapa cuplikan mengenai harapan dalam pelaksanaan kurikulum 2013, yaitu pembelajaran yang tidak membosankan dan siswa lebih aktif, responsif, kreatif, dan inovatif. Salah satu kekhawatirannya, tuntutan hasil pembelajaran tidak sesuai dengan kemampuan siswa.