Jamu Tanah, Resep Bikin Humus Mudah

0
37

Oknews.co.id – Medan, Membuat pupuk alami bisa memberikan manfaat yang besar bagi taman Anda dengan karena manfaatnya meningkatkan kualitas tanah lewat nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Pupuk kimia yang tersedia di pasaran kadang malah meracuni tanah dan lingkungan sekitar.

Ajak si Kecil untuk terlibat membuat pupuk humus berbahan dedaunan yang bisa dijumpai dengan mudah di taman. Simak penjelasannya berikut ini ya, Bu.

Kumpulkan Bahan Terlebih Dahulu

Untuk membuat humus dari sampah dedaunan, bahan-bahannya cukup mudah. Minta si Kecil untuk mengumpulkan rumput segar yang baru dipangkas ke dalam kantung plastik besar. Tambahkan juga daun-daun kering yang merupakan bahan organik untuk menambah nutrisi pada tanah. Secara hati-hati, campurkan kotoran hewan peliharaan seperti anjing atau kucing ke dalamnya.

Membuat Kompos

Pilihlah tempat yang tepat untuk membuat kompos seperti area yang terpencil atau di ujung halaman. Biarkan si Kecil membantu menggali lubang dangkal ke dalam tanah dan beri mereka bahan kompos untuk dimasukkan ke dalam lubang dan lapisi dengan bahan segar hingga semua bahan dalam kantung plastik habis. Minta anak untuk membasahi tumpukan dengan selang air, kemudian tutup tumpukan dengan plastik terpal.

Pemeliharaan Rutin

Asah rasa tanggung jawab dan semangat kerja keras si Kecil dengan memberikan tugas merawat kompos. Biarkan anak rutin menambahkan bahan kompos yang berasal dari sampah rumput dan taman. Tutup dengan lapisan tanah baru. Berikan sekop atau garpu rumput untuk mengaduk humus setiap satu atau dua minggu. Jangan lupa untuk menambahkan air ke tumpukan kompos untuk menjaganya tetap lembap.

Menggunakan Humus

Humus siap digunakan setelah 3 minggu. Minta bantuan si Kecil untuk menyebarkan pupuk humus di sekitar taman dan halaman. Biarkan anak mengambil humus buatan sendiri dengan sekop dan memberikannya pada pot sayuran, buah-buahan, atau bunga. Sesekali biarkan tangan kecilnya kotor oleh tanah, untuk menunjang perkembangan proses belajar, meningkatkan aktivitas fisik, dan mengajarkan rasa cinta pada alam sekitar. Jangan lupa mengingatkannya untuk membasahi tanah yang sudah bercampur dengan humus.

Senangnya mempunyai aktivitas membuat humus bersama si Kecil. Walau sedikit membuat kotor dan berantakan, anak dapat belajar banyak hal terutama untuk memperdalam pengetahuan dan meningkatkan kemampuan motorik. Yuk ajak membuat pupuk sendiri di rumah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.