Joe Biden dan Kemala Haris Menang? Dampak Apa Bagi Ekonomi Global

0
96

Oleh : Mohammad Syahrul Gunawan

Oknews.co.id, Amerika Serikat telah melakukan pemilihan umum terkait dengan pemilihan presiden pada tanggal 03 November 2020. Uniknya, pemilihan tersebut dimenangkan oleh calom pasangan dari Partai Demokrat yaitu, Joe Biden dan Kamala Harris yang memenangkan sebanyak 306 suara elektoral. Sedangkan Presiden Donald Trump hanya mendapatkan sebanyak 232 suara elektoral. Jika dipersentasekan dalam bentuk persen Biden mendapatkan 51,1% suara, sedangkan Trump hanya mendapatkan 47,2%.

Kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris mendaptkan apresiasi dari berbagai kalangan dari masyarakat. Bahkan, masyarakat dari berbagai negara juga memberikan apresiasi melalui media sosial kepada pasangan Demokrat tersebut. Secara analisis terjadi perubahan yang signifikan dari cara memimpin, peraturan perundang-undangan dan juga ekonomi yang pasti juga akan berubah. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa, pada saat Donald Trump menjabat menjadi Presiden dia membuat perekonomian yang paling disegani  di Dunia. Itu diperoleh dari penghasil barang maupun teknik pemasaran baik di luar ataupun di negaranya sendiri. Sehingga roda ekonomi berjalan dengan efektif dan baik.

Tidak hanya itu, Donald Trump juga merupakan Presiden Amerika Serikat yang pertama kali menginjakkan kakinya di Negara Korea Utara. Dalam hal tersebut Donald Trump sudah membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan Korea Utara. Namun, apabila Joe Biden yang memimpin, bagaimanakah dampak ekonomi global selanjutnya?

Saat Joe Biden berhasil mengalahkan Donald Trump, Biden memberikan dampak yang baik terhadap ekonomi global termasuk juga Indonesia. Dalam kemenangannya, Biden juga menurunkan tensi perang dagang Amerika Serikat melawan China. Yang kita tau bahwa perang dagang sudah terjadi sebelumnya yang mengakibatkan ekonomi global menjadi tidak stabil. Ketika Joe Biden menang, Biden mampu mendorong stabilitas dan juga membantu pasar keuangan menjadi lebih baik karena China, hal ini akan mengurangi investor yang akan memindahkan pabriknya ke Negara lain.

Dari gambaran tersebut kita sudah mengetahui dampak apa yang sudah diberikan oleh Biden ketika memenangkan pemilu. Hal ini membuat ekonomi global menjadi stabil setelah perseteruan perang dagang antara Amerika Serikat dengan China, yang mana itu mampu mengurangi tensi perang dagang. Dampak lain bagi Indonesia itu sendiri yaitu mampu membawa perubahan dengan membuat ekonomi Indonesia menjadi stabil karena kurangnya tensi perang dagang tersebut.

Harapannya, Biden mampu membawa lebih banyak hal-hal positif bagi Indonesia dan juga negara lain. Tidak hanya melalui perekonomian saja, tetapi juga mampu melalui hal-hal lain yang berkaitan dengan kesejahteraan negara-negara lain.

Editor : RH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.