Kebiasaan Anak Kos Ketika Uang Habis di Bulan Puasa

0
112

Oknews.co.id –  Bulan puasa memang bulan berkah, dimana seluruh umat Islam berlomba-lomba dalam kebaikan dan banyak umat yang merasakan keberkahannya.

Terutama anak kos, anak kos yang sedang merantau ke luar daerah biasanya memanfaatkan momentum bulan puasa ini untuk menghemat keuangannya.

Pasalnya, disiang hari rata-rata tidak mengeluarkan uang untuk makan siang, berbelanja, atau lain sebagainya.

Kebiasaan anak kos saat bulan puasa untuk menghemat uang atau pada saat tidak punya uang yaitu :

1. Mencari masjid yang mengadakan buka bersama (bukber). Biasanya anak kos ini 15 menit sebelum adzan maghrib sudah standby di serambi masjid.

2. Mencari masjid yang ada sahur bersama. Biasanya anak-anak kos tidak tidur sampai menjelang sahur agar bisa sahur di masjid yang sudah menyiapkan sahur bersama.

3. Jualan Takjil. Biasanya untuk menambah pendapatan, anak kos menjual takjil di pasar-pasar takjil atau keliling di dekat Kampus. Karena saat menjelang maghrib banyak mahasiswa disekitar Kampus yang lagi ngabuburit.

4. Ngabuburit keliling cari takjil gratis di masjid. Ketika hari mulai menjelang sore, anak kos langsung bergegas untuk mencari takjil gratis di masjid-masjid yang telah menyiapkan takjil gratis. Selain itu, ketika berbuka di masjid, sambil menunggu waktu berbuka, ia pun dapat mendengarkan ceramah agama dari Dai sebelum waktu berbuka. Mungkin ini menjadi efisiensi dari ngabuburit anak kos.

5. Always Mie Instan. Namanya juga anak kos yang namanya mie instan tak pernah terlupakan menjadi menu favorit di bulan puasa untuk sebagai makanan sahur dan berbuka menunya tetap sama yaitu menggunakan mie.

Menyandang status anak kos memang penuh dengan suka dan duka. Tapi bukan berarti menjadi anak kos bakal sengsara selamanya. Melainkan akan menjadi sebuah pembelajaran dan pengalaman yang sangat berharga bagi mereka di masa muda yang akan dapat di kenang pada masa tua.

Itulah Kebiasaan anak-anak kos saat bulan puasa untuk menghemat kondisi keuangannya. Namun, lebih baik dalam puasa ini diharapkan anak kos lebih meningkatkan amal kebaikan, kurangi ngomel, dan hentikan ngemil yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri serta keimanan. (Cakra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.