Kelompok 43 PMM UMM Sosialisasikan Pembuatan Disinfektan Mandiri di Dusun Sidorejo Tuban

0
130

Oknews.co.id – Tuban, Kamis, 17 September 2020  Kelompok 43 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) gelombang 9 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) atas arahan  Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UMM bersama dosen pembina, Ardik Praharjo, S. AB., M. AB melakukan pembuatan disinfektan. Kegiatan tersebut juga didukung oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemuda Dusun Sidorejo, Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Sosialisasi pembuatan disinfektan tersebut sangat bermanfaat karena dapat meminimalisir pandemik Covid-19.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dirumah Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dusun Sidorejo, Ahmad Nur Hidayat. Bersama dengan anggota masyarakat dusun Sidorejo yaitu Eko Siswandi, Eko Hadi Purnomo, dan Suwandi dan kelompok 43 PMM gelombang 9 Universitas Muhammadiyah Malang membuat disinfektan mandiri kemudian melakukan penyemprotan disinfektan dibeberapa tempat vital  di desa tersebut, seperti Masjid, Sekolah Dasar dan Madarasah Ibtidaiyah.

Ahmad Nur Hidayat atau biasa dipanggil Mas Nur, selaku Ketua BPD Dusun Sidorejo juga turut berperan dan mengapresiasi kegiatan yang dicanangkan oleh kelompok 43 ini. “Saya atas nama masyarakat Dusun Sidorejo mengucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman dari UMM atas kegiatan positifnya ini, semoga apa yang telah kita lakukan tadi bisa memberikan banyak manfaat khususnya untuk masyarakat Dusun Sidorejo ini”

Kegiatan tersebut diawali dengan melakukan survey awal tentang besar tempat yang akan menjadi obyek penyemprotan untuk disesuaikan dengan jumlah disinfektan yang akan dibuat, lalu pembutan perencanaan kegiatan bersama Ketua BPD dan pemuda Dusun Sidorejo. Pembuatan disinfektan ini juga cukup mudah dilakukan karena bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia di toko-toko yang menjual kebutuhan rumah tangga.

“Kabupaten Tuban dinilai sebagai zona merah baru-baru ini. Karena itu kegiatan ini tercetus untuk memberikan informasi cara membuat disinfektan secara mandiri dengan bahan yang mudah ditemukan. Seperti karbol pembersih lantai, pemutih pakaian, dan air bersih dengan perbandingan campuran 0,5 : 0,5 : 10,” ungkap Amilia Putri, salah satu anggota PMM UMM Kelompok 43.

Kelompok 43 PMM UMM berharap kegiatan ini dapat meminimalisir penyebaran covid 19 dan masyarakat semakin sadar akan bahaya pandemi yang tengah menjangkit seluruh dunia pada era ini, khususnya di daerah Tuban. (SM dan PM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.