Kenalkan Cabang Olahraga Yang Belum Menjamur, KKN UM Gelar Sosialisasi Dan Pelatihan Bola Tangan Untuk Kalangan Muda

0
125

Oknews.co.id, Malang – Rabu, 12 Juni 2019 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan kegiatan sosialisasi bola tangan di Desa Sempalwadak, Kecamatan Bululawang. Pelaksanaan kegiatan ini diadakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bidang olahraga yang belum terlalu dikenal di Indonesia pada umumnya.

Kegiatan sosialisasi bola tangan merupakan salah satu program kerja berbasis edukasi olahraga. Kegiatan ini mempunyai sasaran khusus yaitu pada kalangan anak anak usia 10-14 tahun. Penentuan kalangan juga berdasarkan pada mayoritas yang ada di desa sempalwadak. Penyaringan peserta melalui data yang ada di desa dan dibantu dengan perangkat desa yang ada di balai desa serta berdasarkan keaktifan warga yang berada di Desa Sempalwadak.

Materi sosialisasi bola tangan meliputi dari sejarah, sarana dan prasarana, teknik dasar dan juga peraturan sederhana dari cabang olahraga bola tangan. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung di aula balai desa sempalwadak bululawang. Kegiatan sosialisasi bola tangan hanya dilakukan sehari saja dan dilanjutkan pada praktik olahraga bola tangan di lapangan.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sekitar 50 orang yang mayoritas menempuh pendidikan sekolah dasar di SDN 4 desa sempalwadak bululawang. Kegiatan praktik olahraga bola tangan merupakan implementasi dari sosialisasi bola tangan. Kegiatan lanjutan pelatihan dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan tiap minggunya.

Adanya pelatihan bola tangan diharapkan tidak hanya mengasah keterampilan psikomotorik anak, namun juga mengasah kemampuan kognitif serta afektif. Kemampuan kognitif bagaimana mereka mengingat apa saja yang telah disampaikan secara teori pada waktu kegiatan sosialisasi.

Kemampuan afektif bagaimana dia bisa bekerjasama dalam sebuah tim, saling menghargai dan lain sebagainya. Kemampuan psikomotor yaitu bagaimana keterampilan gerak peserta untuk menerapkan gerakan yang sudah dipaparkan pada saat kegiatan tanggal 12 juni 2019 yaitu sosialisasi bola tangan.

Praktik pelatihan bola tangan ini memberdayakan kelompok kkn sebagai fasilitator dalam kegiatan ini. Dalam pelaksanaan praktik pelatihan bola tangan ini, para peserta terlihat antusias mengikutinya. Adanya sosialisasi dan pelatihan bola tangan ini, dapat diharapkan peserta dapat mengetahui bahwa bola tangan juga merupakan cabang olahraga yang mudah dipahami dan dilaksanakan. (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.