Keramikopi Festival Menembus Harumnya Kopi, Membangun Kreasi

0
248
Pembuatan Keramik di acara Keramikopi (dok:red)

Oknews.co.id, Malang – Puluhan penggiat kedai kopi Malang dan Photografer Malang hadir dan berlomba di Keramikopi Festival. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar dan membuat keramik kreasi sendiri didampingi oleh pengrajin Keramik Dinoyo di Keramikopi Festival, Sabtu (7/9) di pusat Perkopian Sudimoro. Event perdana tersebut digelar oleh iMage Creative, kelompok praktikum dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM.

Keramikopi Festival yang memadukan Perkopian Malang dan Dinoyo Keramik salah satunya dengan menggunakan tableware dan dekorasi Dinoyo Keramik pada seluruh bagian acara. Cangkir – cangkir yang digunakan barista – barista untuk berlomba di Fun Brewing pun menggunakan Dinoyo Keramik agar mereka merasakan langsung keunggulan Dinoyo Keramik. Selain itu juga pada Lomba Fotografi, Peserta dibebaskan untuk berkreasi dengan objek – objek Dinoyo Keramik.

Pembuatan kopi di acara Keramikopi (dok:red)

Keramikopi merupakan puncak dari rentetan kegiatan dari iMage Creative yang bertujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan Dinoyo Keramik dengan Penggiat dan pengusaha Kedai Kopi di Malang Raya, dengan harapan selanjutnya banyak kedai kopi yang memilih Keramik Dinoyo untuk tableware dan dekorasi kedainya.

“Karena setelah kami riset, masih banyak sekali kedai – kedai Kopi yang memilih membeli tableware dari Online dan luar Malang, harganya pun bisa dua kali lipat dari Dinoyo Keramik padahal kualitas dan modelnya sama. Sangat disayangkan selama ini mereka tidak mengenal Dinoyo Keramik.” Ungkap Andrian selaku ketua pelaksana dan salah satu anggota dari iMage Creative.

Pembuatan keramik disela-sela acara Keramikopi (dok:red)

Lebih lanjut, para penggiat kedai kopi dapat menggandeng Dinoyo Keramik untuk kebutuhan kedainya. Selain harga dan kualitas yang baik, hal ini juga membantu untuk mengembalikan kejayaan Dinoyo Keramik.

Sebelum diadakan Keramikopi, Paguyuban dan Pengrajin Keramik Dinoyo telah diberikan pengetahuan – pengetahuan baru dan saling koordinasi untuk siap menerima pasar baru yaitu kedai – kedai kopi. Sebelumnya telah diadakan acara Rembug Bareng Paguyuban dan Warga Kampung Keramik dan juga Sinau Sesarengan yang ditargetkan untuk pemuda – pemuda yang siap meneruskan Dinoyo Keramik.

Semua kalangan hadir dalam acara Keramikopi (dok:red)

“Event ini sangat berpengaruh pada Dinoyo Keramik, selain mengenalkan produk Dinoyo, event ini juga menyadarkan Pengrajin Keramik Dinoyo kalau pasar kami tidak hanya souvenir dan pesanan – pesanan lain, tapi juga ada Kedai – kedai Kopi.

Saya yakin masih banyak masyarakat yang peduli produk lokal dan sadar potensi besar Dinoyo Ceramic” Ucap Soeharto selaku Ketua Paguyuban dan salah satu Pengrajin Keramik Dinoyo.

Event dan kegiatan ini merupakan salah satu praktikum dari Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang untuk mendekatkan mahasiswa dengan Potensi Industri Malang pada Era 4.0. Selain itu event ini juga didukung oleh Laboratorium Ilmu Komunikasi UMM, Komunitas Taman Bermain dan Komunitas InstaNusantara. (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.