KH. Abdul Haris : Muhammadiyah Kota Malang Buka Gerbang 4.0

0
152

Oknews.co.id – Malang, Revolusi digital merupakan sebuah keniscayaan, ketika sudah banyak yang memulai, dan ditambah infrastruktur Indonesia sudah jauh lebih siap. Sedangkan tantangannya adalah kompetisi makin terbuka, serta bagaimana membuka peluang pasar dan bisa beradopsi dengan generasi milenial.

Kekuatan teknologi digital diterangkan, telah membuat dislokasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, mengubah bisnis secara mendasar. Industri telah mengalami empat gelombang besar revolusi. Revolusi industri pertama terjadi sebagai akibat penemuan mekanisasi, dengan tenaga penggerak berupa air ataupun uap.

Revolusi industri kedua ditandai dengan kehadiran listrik yang mampu menciptakan produksi masal dengan konsep perakitan komponen. Revolusi industri ketiga timbul karena produksi manufaktur dengan mudah dikontrol secara otomatis lewat komputer, menjadikan produksi makin efisien.

Dan industri 4.0 ditandai dengan sistem fisik-siber yang dimungkinkan dengan bersinerginya tiga kekuatan: Internet of Things (IoT), Cloud Computing, dan Cognitive Computing. Industry 4.0 juga dikenal sebagai manufaktur cerdas, karena seluruh rantai proses otomasi produksi dikontrol lewat Artificial Intelligence (AI) yang tersusun atas algoritma rumit yang (berusaha) meniru kecerdasan manusia.

Tema Industry 4.0: Digital Revolution ini juga sejalan dengan inisiatif pemerintah dalam membuat peta jalan Making Indonesia 4.0 yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo, maka Muhammadiyah Kota Malang menyambutnya dengan ikhtiar dakwah yang luar biasa, Ketua PD Muhammadiyah Kota Malang, KH. Abdul Haris mengungkapkan, tahun ini, PD Muhammadiyah mengusung tema yang berbeda, yakni milenial 4.0.

“Kami merangkul para milenial dan warga Muhammadiyah untuk segera mengenal digitalisasi. Ini sebagai langkah kami untuk menjawab konsep smart city yang dicanangkan Pemkot Malang,” terang dia.

Dalam acara tersebut, lanjut dia, konsep acara dibuat berbasis digital. Pada saat pendaftaran peserta, juga dilakukan secara online.

“Ini merupakan salah satu upaya kami untuk merambah ke dunia digital. Sekarang semua sudah serba canggih dan cepat,” kata dia.

 

Ia berharap, melalui acara tersebut, warga Muhammadiyah bisa semakin kompak dan bisa menciptakan banyak inovasi. “Kami menyadari, banyak sekali tantangan di depan. Kita tidak boleh diam, harus bergerak mengikuti zaman. Agar kami juga tetap eksis sebagai gerakan berkemajuan,” lanjut dia. (Raisul Haq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.