KKN 03 UMM Desa Ngene: Memberikan Pelatihan Teknik Batik Shibori di Warkshop Kewirausahaan

0
48

Oknews.co.id, Malang – KKN Desa Ngenep hampir akhir-akhir ini disibukkan dengan persiapan workshop untuk kelompok membatik yang dimiliki oleh Desa Ngenep. Dimana pada workshop membatik tersebut tidak sama seperti biasanya, karena KKN 03 Ngenep mendatangkan seorang seniman kawakan yang juga Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Malang, Belinda Dewi Regina, S.Pd, M.Pd untuk ajarkan teknik shibori. Saptu, (08/02/2020)

Seperti yang kita ketahui kelompok membatik Euonia di Desa Ngenep ini telah mendapatkan banyak penghargaan pada bidang pelestarian batik tulis karena hasil karya dan produktifitasnya dalam melestarikan budaya.

Namun tampaknya berbeda dengan batik teknik shibori yang dikenalkan oleh KKN 03 Desa Ngenep UMM ini karena para anggota kelompok membatik tersebut baru pertama kali di perkenalkan. Dengan sedikit memodifikasi warna pada batik teknik shibori hasil karya dari ibu-ibu yang mengikuti workshop tersebut sangatlah beragam. Karena hasil karya tersebut sangat sesuai dengan tingkat kesenian yang dimiliki oleh setiap ibu-ibu. Namun walaupun tiknik batik shibori masih baru akan tetapi mendapatkan respon baik dari masyarakat setempat terutama ibu-ibu yang gemar membatik.

Ibu-ibu Desa Ngenep sendiri sangat antusias dengan adanya pelatihan ini, karena mereka selain mendapatkan ilmu baru, mereka juga bisa mengenal jenis baru dari pewarna yang bisa digunakan dalam mewarnai kain batik. Para ibu inipun dalam pelaksanaannya juga tidak sabar untuk segera melihat hasilnya setelah beberapa saat mereka mengeringkan kain yang memiliki corak warna yang beragam dari hasil acara tersebut. Dan ternyata rasa penasaran itupun terbayarkan dengan hasil mereka sendiri yang begitu memuaskan.

Pelatihan membatik ini sendiri adalah salah satu konsep pemikiran untuk memajukan Desa Ngenep dari Bpk. Bambang Yudi selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Hal ini juga selaras dengan keinginan masyarakat bahwa Ngenep juga bersinergi dengan keinginan bahwa batik menjadi salah satu ikon dan ciri khas dari Desa Ngenep selanjutnya.(Izzun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.