Forum Group Discussion KKN 14 UMM Desa Jambuwer Bahas Desa Wisata Jowaran

0
129
KKN 14 UMM Menjalankan Program Kerja Berupa Forum Group Discussion (FGD) dengan Perangkat Pemerintah Desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Jambuwer, Mengenai Pengembangan Wisata Desa Jowaran. Senin, (20/01/2020)

Oknews.co.id -Malang, Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan bekerjasama dengan Divisi Kesehatan dan Lingkungan KKN 14 Jambuwer yang didampingi oleh Dosen Pembimbiing Lapangan (DPL) Ibu Dra. Thathit Manon Andini, M.Hum menjalankan program kerja berupa Forum Group Discussion (FGD) dengan perangkat Pemerintah Desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Jambuwer, mengenai pengembangan wisata desa Jowaran.

Program ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan teori yang sudah diterima di bangku perkuliahan pada kehidupan nyata dengan memberikan ide pemikiran berupa Layout Pengembangan Wisata Jowaran.

Wisata Desa adalah kawasan pedesaan yang menawarkan keseluruhan suasana yang mencerminkan keaslian desa baik dari sosial ekonomi, budaya dan berbagai potensi unik desa yang telah dikembangkan menjadi komponen wisata seperti pesona alam desanya yang indah, kuliner khas, homestay dan sebagainya.

Pembangunan dari pinggiran dan desa merupakan salah satu bentuk pembangunan yang sedang gencar-gencarnya dilakukan pemerintah. Begitupula dengan Kabupaten Malang, banyak desa di Kabupaten Malang sedang gencar-gencarnya meningkatkan wilayahnya sebagai Desa Wisata, salah satunya adalah Desa Jambuwer.

Destinasi unggulan yang akan digunakan sebagai Wisata Desa di Desa Jambuwer salah satunya adalah Wisata Edukasi Jowaran. Geografis Desa Jambuwer yang begitu kaya akan keindahanan alamnya juga letaknya yang strategis bersebelehan dengan Kota Blitar dan wilayah lainnya memberikan poin tambahan untuk desa ini.

Dengan hal tersebut KKN 14 Jambuwer UMM melalui Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan berkolaborasi denga pihak Pemerintah Desa Jambuwer untuk memberikan sumbangsih ide pemikiran guna pengembangan wisata Jowaran tersebut.

Forum Group Discussion diawali dengan pemberian sambutan oleh Bapak Kepala Desa. Pak Tuwuhadi mengatakan bahwa “untuk mencapai Wisata Desa diperlukan elemen-elemen yang saling berperan aktif, selain pemerintah desa yaitu pokdarwis, steakholder dan dukungan dari seluruh warga desa untuk saling bekerjasama juga bergotong-royong guna kemajuan desanya. Harapan dari adanya Wisata Desa adalah untuk peningkatan PADES (Pendapatan Asli Desa) juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya baik dari sisi sosial maupun ekonomi. Kami berterimakasih atas perhatian yang diberikan oleh KKN 14 UMM terhadap Wisata Edukasi Jowaran” tambahnya.

Acara selanjutnya langsung dibuka oleh Ketua Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan Bhara Pratama. Bhara mengatakan “Alasan mengapa Wisata Desa Jowaran yang dipilih karena dengan luas tanah 1,2 Ha jika Jowaran dikembangkan terus menerus akan memberikan dampak positif untuk desa ini”.Ucap Pratama.

Kemudian masuk pada acara inti yaitu pemaparan hasil diskusi Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan, Chairil Saputra Tukuboya. yang biasa disapa putra salah satu Anggota Divisi Kesehatan dan Lingkungan memaparkan Layout Pengembangan Wisata Desa Jowaran. Putra menjelaskan penataan objek wisata yang akan dibangun di tempat wisata jowaran Desa Jambuwer, Putra mengatakan “Tempat Wisata itu harus instagramable sehigga pembuatan desain tata-letak yang dibuat sedetail mungkin agar para pengunjung yang berwisata bisa mengabadikan momen wisata disosial media sekaligus dapat dijadikan iklan gratis untuk wisata Jowaran Desa Jambuwer”. Kata Putra.

Kemudian pada tahap terakhir yaitu sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab berlangsung cukup lama dan serius karena pihak pemerintah desa dan pihak pokdarwis antusias terhadap FGD ini. Mereka saling melempar pertanyaan juga saran satu sama lain begitupun kepada Kelompok KKN 14.

Kegiatan ini diharapkan agar tidak berhenti disini saja, seperti yang disampaikan oleh anggota Pokdarwis Bu Indah “pihak Pokdarwis berharap agar teman-teman KKN 14 dapat menghadiri acara yang akan dibuat Pokdarwis untuk bertukar ide kembali di lain hari”. (Izzun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.