KKN UM 2019: Edukasi Konsumsi Cerdas melalui Pelatihan Bekal Sehat

0
76

Oknews.co.id, Malang – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) melaksakan program kerja bidang kemasyarakatan melalui pelatihan bekal sehat. Pelatihan ini dilakukan pada ibu-ibu posyandu yang kebanyakan memiliki anak usia balita dan pada masa pertumbuhan. Hal ini dikarenakan saat ini banyak penjual makanan yang menjual jajanan mengandung banyak dan bahan berbahaya bahkan tidak higenis saat prosess pembuatanya, sehingga hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat anak-anak sakit.

Acara pelatihan bekal sehat dimulai dengan pembukaan oleh ibu Fenny selaku bidan desa urek-urek, lalu dilanjutkan dengan pembukaan oleh ketua pelaksana kegiatan bertempat di balai Desa Urek-urek. Setelah itu acara dilanjutkan dengan menjelaskan pentingya manfaat bekal sehat, disamping hemat juga menjaga anak dari jajanan tidak sehat. Kegiatan dilanjutkan dengan penimbangan berat badan anak dan imunisasi rutin program posyandu.

(dok:red)

Menu sehat pertama yaitu CILSUR (Cilok Sayur) yang berbeda dari cilok pada umumnya karena terbuat dari wortel dan sayuran hijau sebagai bahan dasar. Wortel yang menjadi sumber vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata anak-anak, kemudian diolah bersama dengan tepung tapioca yang mengandung serat, zat besi, dan vitamin K untuk kesehatan tulang.

Menu sehat kedua yaitu Silky Pudding atau pudding sutra yang memiliki tingkat kelembutan lebih dari pada jelly atau pudding biasa sehingga cukup aman untuk dikonsumsi asalkan tidak dalam jumlah yang berlebihan. Manfaatnya diantara lain kandungan serat yang terdapat pada puding sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Vitamin D yang dibutuhkan anak-anak untuk memperkuat struktur tulang dan lapisan luar gigi mereka, kemudian protein yang mengandung enzim spesial beguna untuk metabolisme dan pencernaan tubuh.

(dok:red)

Pelatihan bekal sehat ini berbentuk demonstrasi masak yang diperagakan oleh Mahasiswa KKN. Peserta juga diberikan kesempatan untuk mencoba mempraktekkan cara membuat menu tersebut dan hasil dari praktiknya dapat dinikmati di rumah. Harapannya dua menu sehat ini membantu ibu-ibu untuk menambah referensi bekal sehat untuk anak-anak agar tidak jajan sembarangan. (DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.