KKN UM Gelar Pelatihan Pembuatan Pie Blinas ( Belimbing – Nanas ) Bagi Ibu Rumah Tangga di Desa Ponggok

0
125

OKnews.co.id, Blitar – Desa Ponggok mempunyai potensi yaitu melimpahnya buah nanas dan belimbing yang kurang dimanfaatkan masyarakatnya, dari potensi tersebut sekelompok mahasiswa KKN Ponggok Universitas Negeri Malang ( UM ) 2018 mengadakan pelatihan pembuatan Pie isi selai Belimbing dan Nanas bagi Ibu rumah tangga desa Ponggok yang di selenggarakan di Balai Desa Ponggok, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Kegiatan yang tergolong dalam program kerja bidang ekonomi ini bernama “Pengembangan Agribisnis Belimbing dan Nanas melalui Pelatihan Pembuatan Pie Blinas ( Belimbing – Nanas ) bagi Ibu Rumah Tangga di Desa Ponggok’’ .

Program pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jumat, (8/6) dan diikuti oleh Ibu – Ibu PKK Desa Ponggok bersama Ibu Kepala Desa da Ibu Carik Desa Ponggok. Program ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memanfaatkan berbagai macam kegunaan dari buah belimbing dan nanas yang notabene banyak di hasilkan oleh masyarakat desa ponggok, khususnya dusun Sumbernanas.

Kami menyelenggarakan program pelatihan pembuatan Pie Blinas alias ( Belimbing – Nanas ) ini untuk meningkatkan nilai jual ekonomi buah Belimbing dan Nanas dengan mengkombinasikan selai dari kedua buah tersebut dengan kue Pie. Ujar ketua panitia pelaksana

Program ini dimulai dari sosialisasi sejarah kue Pie dan sedikit pembahasan terkait penghasilan dusun Sumbernanas yang banyak menghasilkan buah Belimbing dan Nanas, kemudian dilanjutkan dengan praktik secara langsung bersama pemateri dan Mahasiswa KKN sehingga diharapkan Ibu – Ibu lebih paham cara pembuatannya. Mulai dari pembuatan selai belimbing dan nanas sampai dengan pembuatan kue pie memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Antusias Ibu – Ibu PKK beserta Ibu Kepala Desa Ponggok dan Ibu Carik begitu cukup besar. Walaupun di bulan puasa, namun ibu – ibu sangat bersemangat dalam pelatihan, terbukti dengan ikut sertanya langsung membuat kue Pie.

Tidak hanya pelatihan pembuatannya saja, disini kami Mahasiswa KKN Ponggok Universitas Negeri Malang ( UM ) 2018 juga membuatkan contoh kemasan produk dari Pie Blinas. Kegiatan pelatihan pembuatan pie Blinas ini diharapkan dapat memberdayakan Ibu – Ibu PKK dan warga Desa Ponggok agar lebih produktif, inovatif dan kreatif serta menambah keterampilan ibu rumah tangga dalam mengolah buah nanas dan belimbing menjadi produk olahan yang lebih bervariasi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk konsumsi sehari-hari, dikembangkan menjadi usaha baru yang mungkin nantinya dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan kesejahteraan perekonomian masyarakat Desa Ponggok khususnya Dusun Sumbernanas.

Hasil produk Kue Pie Blinas ini diharapkan dapat berkelanjutan dan nantinya dapat menjadi Produk Oleh – Oleh Khas Desa Ponggok, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. (Anggi Yuniar Setyaningtyas) (Dki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.