Kurangi Sampah Plastik : KKN 52 UMM Ajari Siswa SD Membuat Kerajinan

4
230

Oknews.co.id, Malang – Berlangsung di Desa Tlogorejo Kecamatan Pagak, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) laksanakan Program Kerja (Proker). Salah satunya proker yang dijalankan yaitu membuat kerajinan tangan dari botol bekas. Kali ini sasarannya adalah siswa kelas IV dan V di lima Sekolah Dasar (SD) sederajat Desa Tlogorejo.

Kegiatan itu dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman dini akan penangulangan dan dampak sampah khususnya sampah plastik.

Susiatun selaku wali kelas IV SD Negeri 03 Tlogorejo menyampaikan, kegiatan itu merupakan kegiatan yang positif. Memberikan pengalaman baru bagi siswa tentang mengolah sampah, khususya botol plastik bekas.

Proses pembuatan kerajinan (dok:red)

Tidak hanya itu botol bekas yang dirubah menjadi tabungan dapat mengajarkan kepada siswa, untuk menyisihkan sedikit uang sakunya. “Dengan merubahnya menjadi tabungan serta menghiasi sesuai dengan keinginan, hal tersebut mampu membantu meningkatkan keterampilan siswa,” ujar guru asal Desa Gampingan itu.

Bagi Bima Eka Saputra selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan, diadakannya kegiatan itu tidak hanya mengajari siswa. Akan tetapi turut mengurangi limbah plastik, dengan cara merubahnya menjadi suatu barang yang masih dapat digunakan lagi.

Hasil kerajinan siswa SD di Tlogorejo (dok:red)

Kegiatan yang ditujukan untuk siswa SD itu untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini akan dampak sampah dan pentingnya menabung. “Saya berharap dengan adanya praktek langsung ini, mampu memunculkan bakat dan keahlian khusus serta meningkatkan keterampilan siswa SD,” ungkap mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan itu.

Hani Aulia siswa SD kelas IV mengungkapkan, rasa bahagianya bisa mengikuti kegiatan itu. Ia juga mengatakan jika orang tuanya ikut mendukung kegiatan itu dengan membantu mempersiapkan bahan dan alat yang digunakan sehari sebelumnya.

Bagi Hani yang pada kesempatan itu membuat celengan (Tabungan) berhias kelinci, hasil karya itu dapat digunakan untuk menyimpan sisa uang sakunya. “Nanti kalau sudah penuh bisa dibuka dan uangnya bisa dipakai untuk beli barang yang saya inginkan,” ujarnya. Aisyah

(DKI)

4 KOMENTAR

  1. Sip edukasi yang baik, lanjutkan
    Min bisa bantu caranya upload program di oknews, saya mau upload juga hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.