Kurangi Tidur, Bisa Datangkan Pahala di Bulan Ramadhan.

0
181
Foto Ilustrasi

oknews.co.id, Malang – Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan, kerahmatan serta kenikmatan yang diberikan oleh Alloh SWT. Selain itu pahala akan dilipat gandakan apabila kita melakukan ibadah dan amal-amal kebaikan lain selama berpuasa.

Tidurnya orang berpuasa pun bisa dibilang ibadah dan mendapat pahala menurut kalangan ulama’. Namun banyak orang yang salah kaprah dalam memahami hadist yang menjelaskan bahwa tidurnya orang berpuasa adalah ibadah.

Sebagaimana dijelaskan ” Tidurnya Orang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Pahala amalannya dilipat gandakan”. ( HR. al Baihaqi dalam Syu’abul Iman 3/1437). Dari hadist tersebut dikatakan oleh Syaikh Al Albani bahwa hadist tersebut dhoif ( lemah) , karena terdapat Ma’ruf Bin Hasan yang dikenal sebagai perawi yang dho’if atau lemah.

Setelah itu, maka pada dasarnya tidur adalah bersifat mubah. Yang artinya jika dilakukan tidak mendapat pahala, jika tidak di lakukan tidak berdosa. Bisa dikatakan berpahala, dengan syarat mengawalinya harus dengan niat dan tujuan yang benar serta selalu mengharap ridho Alloh semata. Dan yang paling penting tidak berlebihan, dengan tujuan agar bisa melakukan kewajiban secara maksimal setelah tidur.

Terdapat beberapa aktivitas yang bisa dilakukan secara urut dan istiqomah untuk mengurangi rasa kantuk dan malas sehingga mendatangkan pahala diantaranya:

1. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar
aktivitas pertama setelah sholat shubuh, yang perlu kita lakukan adalah menjaga kebersihan, baik itu di dalam rumah, di luar bahkan di dalam masjis sekalipun. Kebersihan dikatakan sebagian dari iman, sebagaimana firman Alloh, ” Sesungguhnya Alloh menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menyucikan atau membersihkan dirinya”. ( Al -Baqarah : 222)

2. Sholat sunnah pada wakti Dhuha.
Setelahnya, Alangkah baiknya kita juga menjaga kebersihan jiwa dan hati yakni dengan sholat dhuha atau sunnah. Adapun keutamaan sholat ini adalah mendapat kenikmatan yang banyak, mendapat rezeki yang barokah, diampuni segala dosa, salah satu bentuk kedekatan antara Tuhan Nya dan Hamba Nya.

3. Memasak makanan untuk berbuka puasa.
Hal ini meskipun sepele juga bisa mendatangkan pahala, karena dengan ini kita bisa berbagi dengan sesama muslim.

4. Sholat Tarawih
Keutamaan sholat sholat sunnah ini sangat banyak dan berlipat ganda antara lain, bisa menghapus dosa-dosa yang telah lalu ( HR. Bukhori No. 2009 Muslim No. 759), orang yang tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai dicatat sebagai amalaan semalam suntuk ( HR. Tirmidzi No. 806, di shahikan oleh Al Albani), orang yang rutin mengerjakan sholat tarawih, jika wafat maka di catat sebagai shiddiqin dan syuhadah.

5. Sholat malam
Terakhir, adalah sholat malam atau tahajud yang biasanya dilakukan di sepertiga malam. Pahala dalam sholat ini sudah tidak diragukan lagi, apalagi pada bulan ramadhan. Sambil menunggu waktu sahur, alangkah baiknya melakukan sholat tahajud terlebih dahulu. (Arofah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.