Lautan Sampah di Muara Angke

0
235
Kebiasaan Masyarakat Membuang Sampah Sembarangan, Jadikan Muara Angke Penuh dengan Sampah

Oknews.co.id – Sampah tampaknya masih menjadi momok yang meresahkan bagi masyarakat. Begitu juga bagi masyarakat kawasan Teluk Jakarta, Muara Angke Jakarta Utara.

Akibat sampah yang menumpuk tersebut menjadikan air laut dan ekosistem yang ada di sana menjadi tercemar.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Junaedi mengungkapkan, banyaknya sampah ini juga tidak terlepas daru kebiasaan warga yang membuang sampah sembarangan. Terdapat 13 sungai di Jakarta Utara yang bermuara ke laut.

Dilansir dari Detik.com ketika diklarifikasi tadi (Jum’at, 16/03/18) terkait penumpukan sampah yang terjadi, Junaedi mengungkapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan karena akan berdampak pada pencemaran air laut, sehingga ekosistem dan ikan yang ada di sana ikut tercemar.

“Kondisi tersebut akan menjadikan kita menjadi ragu dalam mengkonsumsi ikan karena mencemaran air oleh limbah sampah tersebut,” ungkapnya.

Dia mengungkap untuk terus mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Berbicara terkait pembersihan sampah, Junaedi mengungkap sebenarnya hal tersebut merupakan tanggung jawab dari Pemkab kepulauan Seribu, akan tetapi pihaknya berjanji untuk ikut serta dalam membersihkan sampah, yang rencananya akan dilakukan bersama-sama TNI AL.

“Mudah-mudahan rencana bersih-bersih tersebut minggu-minggu besok dapat terlaksana,” tandasnya. (*/Dul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.