Lestarikan Budaya Indonesia, KKN UM Sampaiakan Pembelajaran Melalui Dongeng

0
265

Oknews.co.id, Malang – KKN UM Desa Bringin melakukan program kerja pendukung “ Peduli Pendidikan” Selasa(28/5/2019). Program kerja ini bergerak dalam bidang pendidikan khususnya untuk anak SD kelas 1 dan 2.

Sebelumnya, program kerja ini sudah berjalan tiga hari yang diawali dengan bimbingan belajar bahasa inggris dan kerajinan pada 22-23 Mei 2019. Hari ini merupakan akhir dari program kerja “Peduli Pendidikan” yang dikemas dengan gerakan dongeng dengan judul Petani dan Anak Harimau.

Dongeng yang disampaikan dalam acara ini memiliki pesan moral agar selalu menolong sesama tanpa pamrih. Gerakan dongeng ini juga menyampaikan pendidikan karakter yang tersirat melalui percakapan para pemeran.

Mahasiswa UM sedang melakukan pembelajaran

Dheviana selaku ketua pelaksana program kerja ini menyampaikan bahwasanya “melalui dongeng, akan mempermudah proses pembelajaran, dongeng yang kami sampaikan selalu memberikan metode yang berbeda dalam setiap penyampaiannya. Hal ini bertujuan agar siswa tidak jenuh” ujarnya.

“Melalui gerakan dongeng, diharapkan anak-anak di era millenial tetap mencintai budaya lokal dan bisa menerapkan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya. Antusias anak-anak sangat terlihat ketika mahasiswa KKN UM menyampaikan dongeng yang dikemas dalam alat peraga” sambung Dheviana.

Nikma (28) selaku guru di SDN Bringin 1 menyampaikan bahwa “program kerja yang dilakukan oleh KKN UM Bringin sangat membantu saya dalam proses pembelajaran, karena kegiatannya menyenangkan dan selalu ada hadiah yang diberikan” pungkasnya. (srw/DKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.