Literasi Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013

0
3289

Oknews.co.id, Blitar – Pelaksanaan BIMTEK atau Bimbingan Teknis Guru Sasaran Pelaksnaan Kurikulum 2013, senin (22/5/2017) merupakan salah satu wadah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama pelaksanaan kurikulum 2013. Bimtek oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten dan Kota Blitar bertempat di SMA Kristen Dian Sakti Kesamben selama satu minggu dimulai dari 22-27 Mei 2017. Drs. Slamet, MM Capdin Pendidikan Wilayah Kabupaten dan Kota Blitar menuturkan dalam sambutannya, bahwa mulai saat ini galakkan gemar membaca dan menulis.

Menurut penuturannya, perubahan pada kurikulum 2013 ini berpatok pada, pertama penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang memuat pendidikan karakter. Implementasi penyusunan RPP haruslah mampu berpedoman pada Plan Do See yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evalusi. Kedua adalah kemampuan berliterasi yaitu melihat, menyimak, berbicara, membaca, dan mencipta. Diharapkan siswa gemar membaca dan pada akhirnya dapat diaplikasikan dalam sebuah tulisan. Tujuan literasi itu sendiri tentunya menumbuh kembangkan budaya literasi, menumbuhkan budaya membaca serta menulis, meningkatkan karakter, serta melaksanakan literasi dalam pembelajaran.

Kaitannya dengan literasi dalam pembelajaran yaitu, guru mampu membangun pembelajaran dengan memasukkan budaya literasi. Literasi tersebut dapat dicapai dengan alat atau media pembelajaran seperti literasi membaca yaitu mengarahkan siswa agar gemar ke perpustakaan maupun literasi alat seperti alat peraga. Melalui alat peraga siswa tentu akan mengalami proses melihat serta menuliskan apa yang ia lihat.
Ketiga, pembelajaran yang mengandung 4 unsur yaitu creative (kreatif), critical (berpikir kritis), collaboration (berkelompok), dan communication (berbicara). Dari kesemuanya itu, diharapkan guru mampu menyajikan pembelajaran yang menyenangkan. dibutuhkan kreatifitas guru yang berbasis lingkungan sekitar yang dapat menjadi panduan pembelajaran. Patokan yang dijadikan bukan pada pemenuhan Kompetensi Dasar melainankan daya serap siswa. (Verwati/Arya)