Logistic Technology, Sebuah Arah Baru Teknologi Transportasi

0
52
Smart transport technology concept for future car traffic on road . Virtual intelligent system makes digital information analysis to connect data of vehicle on city street . Futuristic innovation .

Oknews.co.id – Padang, Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, semakin banyak perkembangan yang terjadi di dalam dunia ini yang semakin lama semakin maju dan canggih.

Apalagi di era globalisasi ini, segala sesuatu yang kita butuhkan bisa diakses secara mudah. Salah satu contohnya yaitu perkembangan teknologi transportasi yang semakin pesat. Teknologi sendiri telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk lebih hidup nyaman, lebih makmur dan sejahtera.

Lalu bicara tentang era globalisasi, perkembangan teknologi transportasi sendiri dimulai dari awal masa revolusi industri seperti penemuan mesin uap dan jalur kereta api yang memungkinkan transportasi darat untuk bergerak secara mandiri tanpa tenaga manusia maupun binatang atau hewan.

Dan hal ini pun mengakibatkan adanya perkembangan kecepatan dan kapasitas transportasi. Lalu ada juga adanya perkembangan mesin bakar dan automobile pada tahun 1990-an, yang mengakibatkan teknologi transportasi darat pun semakin maju. Dan jalan raya modern yang pertama kemudian dibangun pada abad ke 19.

Teknologi transportasi zaman dulu awalnya menggunakan tenaga manusia, yaitu dengan cara digendong, dipikul maupun didorong. Setelah itu berkembang lagi menggunakan tenaga hewan seperti kuda, keledai, dan juga gajah. Lalu ada juga transportasi air yang menggunakan tenaga alam dan juga angin misalnya perahu layar, sedangkan yang menggunakan tenaga manusia seperti rakit dan perahu dayung.

Sedangkan teknologi transportasi masa kini, telah menunjukkan kemajuan yang sangat pesat baik transportasi darat, air maupun udara. Sarana dan prasarananya juga semakin lengkap dan baik. Sarana teknologi transportasi adalah yang berupa alat angkutan seperti mobil, kereta api, kapal dan pesawat terbang.

Sedangkan prasarana teknologi transportasi adalah penunjang kelancaran pengangkutan antara lain, jalan, jembatan, terminal, stasiun,lapangan terbang dan juga pelabuhan.

Pengertian Teknologi Transportasi 

Teknologi transportasi adalah sebuah teknologi yang mampu mendukung pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia ataupun mesin, lalu transportasi sendiri digunakan dan diciptakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Istilah teknologi sendiri berasal dari kata ‘techne’ yang artinya cara dan juga kata ‘logos’ yang artinya pengetahuan. Jadi, secara harfiah kata teknologi berarti pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indra dan juga otak manusia.

Peranan transportasi sangat penting bagi manusia untuk saling membantu dan menghubungkan daerah sumber baku, daerah produksi, daerah pemasaran dan juga pemukiman sebagai daerah tempat tinggal.

Menurut Jaques Ellul pada abad 25 tahun 1967 memberikan arti bahwa teknologi merupakan keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri yang efisien dalam setiap kegiatan manusia.

Perkembangan transportasi sebelum zaman industrialisasi diawali dengan penemuan roda pada sekitar 3500 tahun sebelum masehi yang digunakan untuk mempermudah dalam memindahkan suatu barang. Lalu ada juga penemuan kapal pertama yang sekali dikembangkan. Dan pada abad 2000 sebelum masehi, terdapat penemuan kuda yang digunakan oleh manusia sebagai tunjangan dalam mengantarkan barang pada masanya.

Lalu ada juga penemuan sepatu kuda, rancangan pesawat terbang, pembuatan kapal selam yang dilakukan oleh Cornelis Drebbel, penciptaan bus angkutan umum, penemuan mobil yang digerakkan oleh mesin uap, dan juga penemuan sepeda untuk yang pertama kali. Dan pada perkembangan transportasi setelah zaman industrialisasi berjalan dengan sangat cepat, inovasi juga berjalan sangat cepat, dimulai dari penerapan mesin uap untuk angkutan kereta api dan kapal laut, kemudian disusul dengan ditemukannya mesin yang ada pembakaran di dalamnya.

Setelah itu, ada juga penemuan yang sangat mempengaruhi teknologi transportasi adalah dikembangkannya mesin turbin gas menjadi turbo jet yang digunakan pada pesawat terbang. Dan di transportasi laut penemuan yang spektakuler adalah dengan pengembangan bahan bakar nuklir yang digunakan di kapal selam.

Permasalahan-permasalahan yang kemudian timbul di era industrialisasi adalah jumlah penggunaan energi yang luar biasa dimana hampir seluruh angkutan menggunakan energi fosil. Pembakaran energi fosil pada alat transportasi modern, akan mengeluarkan gas emisi dimana sebagian besar dari gas tersebut berupa gas rumah kaca yang bisa mengakibatkan pemanasan global.

Oleh karena itu, belakangan ini diupayakan untuk mencari energi alternatif yang tidak mencemari lingkungan dan mengalihkannya ke transportasi yang ramah lingkungan.

Jenis-Jenis Teknologi Transportasi

Dari pengertian-pengertian teknologi transportasi diatas, ada tiga macam teknologi transportasi yang digunakan, yaitu sebagai berikut:

Teknologi Transportasi Darat

Teknologi transportasi darat adalah suatu transportasi kendaraan yang berjalan menggunakan jalan darat untuk mengangkut barang ataupun orang. Alat angkutan darat ada yang masih tradisional dan ada juga yang sudah modern.

Angkutan darat dibedakan menjadi dua jenis yaitu ada yang bermesin dan tidak bermesin yang masih digunakan hingga sekarang. Angkutan yang tidak bermesin bersifat tradisional dan berlangsung sejak dahulu misalnya sepeda, becak, delman, gerobak dan masih banyak yang lainnya.

Transportasi yang tidak menggunakan mesin pada umumnya menggunakan hewan. Lalu, teknologi transportasi yang menggunakan mesin sifatnya modern dan berlangsung hingga zaman sekarang seperti sepeda motor, bus, kereta api dan lain sebagainya.

Teknologi Transportasi Air

Teknologi transportasi air adalah sebuah pengangkutan melalui air yang meliputi angkutan sungai, danau, selat, dan juga laut. Alat angkutan yang berada di air juga ada yang sederhana dan juga modern.

Masyarakat pada masa lalu masih menggunakan alat transportasi air yang masih sederhana sehingga masyarakat bisa membuat transportasi itu sendiri dari bambu seperti rakit, perahu dayung, dan perahu layar. Rakit dan perahu dayung dapat digerakkan dengan menggunakan tenaga manusia, sedangkan perahu layar dapat digerakkan dengan menggunakan tenaga angin dan tenaga manusia.

Seiring banyaknya ditemukan mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai sarana dan prasarana alat transportasi air. Kapal-kapal sekarang dapat mengangkut barang yang banyak sampai berton-ton serta dapat menempuh jarak yang cukup jauh, bahkan kini sekarang kapal besar bisa dapat digunakan untuk mengantar manusia ke tempat lain.

Alat angkutan air yang bersifat sederhana meliputi rakit, sampan, perahu, dan perahu layar. Sedangkan alat angkutan yang bersifat modern meliputi kapal penumpang yang terdiri dari speed boat, jet foil, kapal feri, kapal pesiar, dan juga kapal angkutan barang yang terdiri dari kapal tanker dan kapal peti kemas.

Teknologi Transportasi Udara

Lalu teknologi transportasi udara adalah jenis teknologi kendaraan atau sarana dalam bertransportasi yang beroperasi di udara layaknya sebuah pesawat terbang. Pesawat terbang umumnya mampu terbang di udara atau di atmosfer dan umumnya juga digunakan untuk mengangkut orang maupun barang.

Sementara itu pengertian logistik sendiri adalah,

Pengertian Logistik

Logistik merupakan, barang, energi,informasi dan sumber daya lainnya seperti produk, jasa dari sumber produksi ke pasar dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal. Logistik merupakan peran utama yang mendukung manufaktur dan marketing yang ada di Indonesia.

Secara garis besar bisa kita pahami bahwa logistik adalah bagaimana cara memindahkan barang yang tepat dengan waktu yang tepat, serta jumlah yang tepat dan kondisi yang tepat di dukung oleh biaya yang terjangkau akan tetapi tetap memberikan kontribusi dan profit bagi penyedia jasa logistik. Apakah anda menyadari hal tersulit yang harus dilakukan oleh penyedia logistik adalah dengan menekan biaya serendah-rendahnya dengan tetap menjaga kualitas demi kepuasan konsumen.

Strategi yang dilakukan para pelaku usaha  logistik  adalah dengan meningkatkan manajemen logistik yang di dalamnya terdapat proses supply yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan dan mengontrol efisiensi  serta efektifitas penyimpanan dan aliran barang. Dalam logistik Semua nya diatur mulai dari titik permulaan hingga titik tiba atau titik konsumsi dimana kebutuhan para pelanggan telah terpenuhi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.